-->








Disdikbud Aceh Selatan Gelar FLS2N Jenjang SMP, Berikut Para Juaranya

06 Juni, 2023, 21.02 WIB Last Updated 2023-06-06T14:02:26Z

LINTAS ATJEH I ACEH SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Selatan menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) jenjang SMP tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 5 sampai 6 Juni 2023 itu berlokasi di halaman Disdikbud Aceh Selatan. Para juara diumunkan pada Selasa (06/06/2023).

Kadisdikbud Aceh Selatan, Akmal H SPd diwakili Sekdisdikbud, Azhar SPd, MM mengatakan, FLS2N merupakan ajangn tahunan yang dilaksana oleh Disdikbud Aceh Selatan baik jenjang SD maupun SMP.

"FLS2N tujuannya adalah memberikan wadah apresiasi bagi peserta didik untuk mengekspresikan seni, mengembangkan kreativitas dan motivasi peserta didik sesuai dengan minat bakat," ujar Azhar.

Selanjutnya menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

"Selamat kepada para juara dan bagi yang belum meraih juara, jangan berkecil hati. Teruslah kembangkan bakat kalian di sekolah masing-masing. Semoga yang meraih juara bisa meraih prestasi di tingkat provinsi bahkan nasional," ucap Anhar.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Aceh Selatan, Erwan MPd melaporkan, FLS2N ini di ikuti siswa jenjang SMP memperlombakan enam cabang lomba yakni, vokal solo, tari kreasi, ansambel musik, kreativitas musik tradisional, pantomim dan ilustrasi.

"Seluruh peserta merupakan hasil seleksi rayon yang dilaksanakan pada masing-masing rayon terdiri dari rayon 1 (Labuhan Haji Raya-Meukek), rayon 2 (Sawang, Samadua, Tapaktuan), rayon 3 (uet Raya) dan rayon 4 (Bakongan Raya-Trumon Raya)," sebut Erwan.

Sebagai bentuk netralitas penilaian ujar Erwan, panitia menghadirkan tim juri yang profesional membidangi cabang lomba masing-masing. 

Tidak satu orang pun dewan juri berasal dari guru SMP. Mayoritas dewan juri adalah guru SMA yang tersebar di Aceh Selatan, bahkan ada dewan juri yang sengaja di datangkan dari Kabupaten Aceh Barat Daya.

"Para juara satu, dua, tiga dan empat selain mempeoleh trophy dan sertifikat juga diberikan uang pembinaan. Bagi juara satu dan dua akan mengikuti lomba di tingkat provinsi melalui daring, terlebh dahuli dilakukan pembinaan di daerah," tutur Erwan.

Berikut juara FLS2N jenjang SMP tingkat Kabupaten Aceh Selatan, asal sekolah :

I. Lomba Tari Kreasi :

1. SMPN 2 Tapaktuan
2. SMPN 1 Tapaktuan
3. SMPN 3 Samadua
4. SMPN 1 Kluet Selatan

II. Lomba Menyanyi Solo :

1. SMPN 1 Tapaktuan
2. SMPN 2 Tapaktuan
2. SMPN 1 Labuhan Haji
4. SMPN 4 Kluet Utara

III. Lomba Ansabel Musik :

1. SMPN 1 Tapaktuan
2. SMPN 2 Labuhan Haji Barat

IV. Lomba Kreativitas Musik Tradisional : 

1. SMPN 2 Tapaktuan
2. SMPN 2 Kluet Utara
3. SMPN 1 Tapaktuan
4. SMPN 1 Bakongan

V. Loba Pantomim :

1. SMPN 2 Tapaktuan
2. SMPN 2 Bakongan
3. SMPN 1 Tapaktuan
4. SMPN 2 Kluet Selatan


VI. Lomba Ilustrasi :

1. SMPN 3 Kluet Utara
2. SMP Plus Ulumul Qur"an
3. SMPN 1 Tapaktuan
4. SMPN 2 Tapaktuan. 

[Datok Rahmat / Baihaki]

Komentar

Tampilkan

Terkini