-->

Kalahkan Aceh Selatan di Final, Tim Sepakbola Langsa Wakili Aceh ke Tingkat Nasional

26 Juli, 2023, 21.27 WIB Last Updated 2023-07-26T14:27:25Z
LINTAS ATJEH  | BANDA ACEH - Dalam laga final sepak bola Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang SMP tingkat provinsi tahun 2023, tim dari Kota Langsa berhasil mewakili Aceh ke tingkat nasional.

Pasalnya, pada babak final Kota Langsa mampu mangalahkan tim dari Kabupaten Aceh Selatan dengan scor 1-0 yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya Banda Aceh, Rabu (26/07/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Langsa, Dra Suhartini MPd menyampaikan, selamat kepada tim sepak bola Kota Langsa yang berhasil menjadi juara satu setelah di final menang melawan tim dari Kabupaten Aceh Selatan.

"Ini kebanggaan bagi daerah yang akan mewakili Aceh ke tingkat nasional di Jakarta pada bulan September 2023 mendatang," kata Suhartini.

Dikatakannya, perjuangan anak-anak yang berhasil melaju ke tingkat nasional tentu sangat berat, karena akan menghadapi lawan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Diharapkannya, waktu tersisa lebih kurang sebulan lagi sebelum berlaga di Jakarta, kepada pelatih dan offisial serius melatih anak-anak dengan menanamkan mental juara.

"Selamat kepada tim sepak bola GSI Kota Langsa yang diwakili 70% dari SMP Negeri 3 Langsa, jangan jumawa tapi siapkan mental kalian untuk meraih prestasi di tingkat nasional," ucap Suhartini.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 3 Langsa, Sopian SPd MM mengatakan, 70% tim sepak bola GSI Kota Langsa berasal dari sekolah yang ia pimpin, sebelumnya berhasil juara di tingkat daerah.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sopian yang mendampingi siswanya saat bertanding di Stadion Harapan Bangsa menjelaskan, perjalanan tim sepak bola Kota Langsa sebelumnya menghadapi Kabupaten Aceh Timur dengan menang telak 5-0.

"Pada babak semifinal mampu mengalahkan Kabupaten Bener Meriah dengan skor telak juga 4-0 dan berhasil melaju ke babak final," ujarnya.

Sopian menuturkan, di babak final bertemu dengan perwakilan dari Wilayah Barat Selatan (Barsela) Aceh yakni, Kabupaten Aceh Selatan.

Katanya, babak final ini sangat menarik karena mempertemukan Wilayah Pantai Timur Utara (Pantura) dengan Wilayah Barsela yang materi dan kekuatan pemainnya berimbang.

Namun, tim sepak bola Kota Langsa dibawah asuhan pelatih Saiful Bahri mampu mengalahkan Aceh Selatan dengan menang tipis 1-0.

"Gol semata wayang yang dicetak oleh Daril Jufairi pada menit 52 babak kedua itu telah mengantarkan Kota Langsa keluar sebagai juara satu tingkat provinsi," ungkap Sofian.

Kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas perjuangan anak-anak, pelatih, tim offisial serta dukungan dari Kadisdikbud Kota Langsa sehingga meraih yang terbaik sekaligus mewakili Aceh ke tingkat nasional.

Sofyan menambahkan, walaupun Kota Langsa meraih juara satu, namun untuk ke nasional nantinya 30% dipilih pemain dari kabupaten lain untuk dilatih, semoga tim dari Aceh mampu bersaing dengan provinsi lain di nusantara.[Datok Rahmat / Baihaki]
Komentar

Tampilkan

Terkini