-->

Jelang HUT SPS ke-78, Pengurus di Aceh Gelar Pertemuan

31 Mei, 2024, 15.52 WIB Last Updated 2024-05-31T08:52:19Z
Ketum SPS Pusat, Januar P Ruswita sedang menyerahkan penghargaan SPS Provinsi Terbaik kepada Ketua SPS Aceh, Muktarruddin Usman belum lama ini. (Dok: Istimewa) 
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Jelang Hari Ulang Tahun Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada tanggal 8 Juni 2024, pengurus di Aceh menggelar pertemuan di KIM Kupi, Kamis, 30 Mei 2024.

"Pertemuan hari ini kami bahas tentang persiapan ulang tahun kami yang ke 78," kata Ketua SPS Aceh, Muktarruddin Usman, SE dalam keterangan tertulisnya, Jum'at, 31 Mei 2024.

Dalam pertemuan tersebut, pengurus SPS Aceh membahas rencana dan bentuk kegiatan yang sesuai dengan kondisi perusahaan pers terkini khususnya di Bumi Serambi Mekkah.

"Tantangan semakin besar, mulai dari persaingan antar media hingga sumber pendapatan," sebutnya tanpa merincikan lebih jauh.

Untuk itu, pihak SPS di Aceh akan memperingati acara HUT ke-78 secara sederhana tapi penuh makna.

"Acaranya tak besar dan megah, kami akan berdoa di hari ultah, kami tak undang pihak luar, hanya berdoa bersama anak yatim saja," ungkap CEO Media Aceh ini.
Ketua SPS Aceh, Muktarruddin Usman dan pengurus mengadakan pertemuan menjelang HUT SPS ke-78 di KIM Kupi, Kamis, 30 Mei 2024. (Dok: Istimewa) 
Sekilas tentang SPS

Serikat Perusahaan Pers atau SPS adalah sebuah organisasi tempat berkumpulnya para penerbit pers dan media cetak. SPS didirikan di Jogjakarta, 8 Juni 1946. Sebelumnya, organisasi ini bernama Serikat Penerbit Suratkabar.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Pada Kongres XXXIII yang dilaksanakan di Bali pada 7-9 Juni 2010, SPS dipimpin oleh ketua umum mantan pemilik Grup Jawa Pos, Dahlan Iskan dan Jakob Oetama sebagai ketua dewan pertimbangan yang menjabat mulai tahun 2010-2015. Kemudian, dalam kongres SPS XXIV yang berlangsung di Hotel Harris Batam Center, Batam, Kepulauan Riau, 6 Februari 2015, Dahlan Iskan kembali terpilih sebagai Ketua Umum SPS periode 2015-2019. Proses pemilihan ketua umum tersebut berlangsung dengan mekanisme aklamasi.Pembukaan Kongres SPS XXIV juga diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersamaan dengan pembukaan ASEAN Summit yang merupakan rangkaian acara memperingati Hari Pers Nasional 2015. 

Selanjutnya, Januar P Ruswita terpilih menjadi Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) periode 2023 - 2027 dalam Kongres XXVI SPS di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

"Terima kasih atas kepercayaannya. Amanah ini, tentu tidak bisa saya tolak. Saya berharap SPS sebagai organisasi pers tertua, bisa terus menjaga kekompakan. Marwah SPS coba kita tingkatkan lagi," ujar Januar usai terpilih menjadi Ketua Umum SPS.

Januar P Ruswita terpilih secara aklamasi menggantikan Alwi Hamu yang merupakan Ketua Umum SPS periode 2019 - 2023 dalam rangkaian perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara.

Pemilihan ketua umum ini ditentukan oleh SPS provinsi se-Indonesia mewakili seluruh anggota SPS, terdiri atas sekitar 600 anggota media arus utama.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini