-->

Ini Kegiatan PT Solusi Bangun Andalas Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

06 Juni, 2024, 18.10 WIB Last Updated 2024-06-06T11:10:43Z
Mochamad Anwar Bakti, General Manager SBA bersama karyawan, kontraktor dan penerima manfaat program CSR SBA berfoto bersama dalam Aksi Sedekah Sampah Bersama di Pabrik Lhoknga, Kamis, 5 Juni 2024.(Foto Istimewa)
LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menggelar kegiatan Aksi Sedekah Sampah Bersama (Aksi SESAMA) di Pabrik Lhoknga, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Kamis, 5 Juni 2024, diikuti oleh para karyawan, kontraktor dan penerima manfaat program CSR SBA. 

Aksi SESAMA merupakan program yang diinisiasi oleh induk perusahaan SBA yaitu PT Solusi Bangun Indonesia Tbk sejak tahun 2023. Melalui program ini, para karyawan, kontraktor dan penerima manfaat program CSR SBA diajak untuk memilah dan membawa sampah terpilah sesuai kriteria dari lingkungan kantor/rumah, untuk disedekahkan kepada Bank Sampah  Generasi Milenial (Basagemil) yang merupakan binaan CSR SBA. Bank sampah menjadi salah satu solusi yang dekat dengan warga dan diharapkan bisa mengurangi timbulan sampah dari rumah tangga. Bank sampah yang bergerak dari dan untuk masyarakat, diharapkan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengelolaan sampah di Indonesia. 

“Alhamdulillah, kegiatan Aksi SESAMA ini disambut dengan antusias oleh seluruh peserta. Terbukti dengan banyaknya jumlah sampah yang terkumpul sebanyak 407,1 kg sampah, yang terdiri dari sampah kertas sebanyak 148,5 kg, sampah plastik sebanyak 51,9 kg, sampah kardus sebanyak 202,7 kg dan kain sebanyak 4 kg. Ini merupakan aksi nyata  yang kami harapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut serta menjaga keberlangsungan lingkungan mulai dari hal yang mudah,” tutur Mochamad Anwar Bakti, General Manager SBA.

Mawar (45) bersama adiknya Joel, warga Desa Kueh, Kemukiman Kueh, penerima manfaat CSR SBA menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan ini. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 
Foto 2: Bapak Tafaul Rijal, GA & Comrel Manager SBA (baju biru) serahkan secara simbolis 100 tong sampah dalam mendukung pelaksanaan program Rumoh Pilah Broh di Balee Resort Tebing Lampuuk, kamis, 5 Juni 2024.(Foto Istimewa)
“Kami merupakan pengelola program doorsmer dari CSR SBA yang sudah ikut mengumpulkan sampah plastik sejak 4 bulan yang lalu. Satu persatu kami kumpulkan sampah plastik yang ada di doorsmeer demi dapat berkontribusi dalam menjaga bumi yang lebih baik. Terima kasih SBA sudah melibatkan kami dalam kegiatan ini,” kata Mawar. 

Selain melaksanakan Aksi SESAMA, SBA juga meluncurkan program Rumoh Pilah Broh (Rumah Pemilahan Sampah) atau RPB. RPB merupakan salah satu program solutif dari SBA dan Basagemil dalam meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat untuk dapat memilah sampah dengan baik dan benar. 

Pada kegiatan ini, dilakukan sosialisasi cara pemilihan sampah, mekanisme kerja RPB serta sekaligus penyerahan 100 tong sampah yang akan diletakkan di masing-masing rumah warga dan titik-titik strategis di area RPB. Kegiatan yang dilaksanakan di Balee Resort Tebing Lampuuk ini diikuti oleh tim SBA, Dinas Lingkungan dan Kehutanan Kab. Aceh besar, tokoh masyarakat serta 40 kepala keluarga  di area sekitar RPB. 

“Kami berharap program RPB ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Program yang akan dikelola oleh Basagemil dan masyarakat ini menitikberatkan pada aktivitas pemilihan sampah organik dan an-organik yang akan dilakukan oleh masyarakat di sekitar area RPB. Program ini merupakan proyek percontohan pertama yang kita lakukan, nantinya akan kita evaluasi dan lihat perkembangannya. Harapannya, masyarakat dapat rutin dalam melakukan pemilahan sampah secara mandiri dan nanti akan ada tim Basagemil yang mengambil sampah-sampah yang telah dikumpulkan oleh masyarakat di RPB secara rutin setiap tiga kali seminggu. Mari kita mulai memilah sampah dari rumah, sehingga dapat ikut berkontribusi dalam pengelolaan sampah demi menjaga keberlangsungan lingkungan yang lebih baik,” ajak Tafaul Rijal, GA & Comrel Manager SBA saat memberikan sambutan di acara peluncuran program RPB.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini