Pentingnya Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda


ACEH SELATAN - Dalam rangka melaksanakan  program TMMD ke-98 tahun 2017, Kodim 0107/Aceh Selatan bersama Kesbangpol Aceh Selatan melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada generasi muda siswa SMK 1 Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (18/04/2017).

Dalam kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada generasi muda hadir Kepala Kesbangpol H. Akmal Hilman SH. MM, kabid Pemantapan Ideologi Kebangsaan S. Junaidi SH, Pasiter Kodim 0107/Aceh Selatan dan Wakil Kepala Sekola SMKN 1 Samadua.

Disampaikan Kabid pemantapan ideologi kebangsaan dalam pemberian materi kepada siswa smkn 1 samadua bahwa pentingnya implementasi pancasila ideologi nasional bagi generasi muda, ancaman implementasi pancasila dan uud 1945 yang dihadapi bangsa indonesia saat ini sehingga dengan pengetahuan tersebut  tidak mudah terbawa isu negatif.

Perkembangan wawasan kebangsaan yang dimiliki anak-anak bangsa sudah mulai luntur dan apabila dibiarkan dapat dipastikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini akan terpecah-belah dan pada akhirnya akan memudahkan kekuatan asing menguasai wilayah Indonesia seperti yang terjadi pada jaman penjajahan.

“Untuk itu, wawasan kebangsaan perlu terus ditingkatkan bagi kalangan generasi muda di seluruh tanah air,” tambah Junaidi.

Disela-sela kegiatan penyuluhan, Pasiter Dim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Abdurokhim, S.Ag, memberikan motivasi, bagaimana menjadi pemimpin masa depan bangsa kepada siswa. Ia juga menyampaikan dalam materinya pada era globalisasi saat ini nilai- nilai Pancasila, Nasionalisme dan persatuan kesatuan bangsa sudah mulai luntur khususnya dikalangan generasi muda.

Ini dampak dari pengaruh globalisasi yang menawarkan budaya barat yang masuk secara bebas didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.[Red]

Baca Juga