Diduga Ada Pungutan Liar, Tim Saber Pungli Periksa Dinas Pendidikan Aceh Timur


IST
ACEH TIMUR – Terkait adanya dugaan pungutan liar (Pungli) di Dinas Pendidikan Aceh Timur, Tim Saber Pungli berhasil mengamankan uang sebesar 500 ribu rupiah di ruang kerja Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Kamis 4 Mei 2017 kemarin.

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, pada tanggal 4 Mei 2017, sekitar pukul 16.30 WIB, sejumlah anggota  polisi sedang melakukan pemeriksaan ruang kerja di Dinas Pendidikan Aceh Timur, namun sampai pukul 18.00 belum di peroleh konfirmasi lebih lanjut apakah uang yang di amankan itu memenuhi unsur pungli atau tidak.

Menurur sumber yang tidak ingin disebutkan namanya kepada LintasAtjeh.com mengatakan bahwa benar Tim Saber Pungli telah memeriksa beberapa PNS di bagian PLS. Bahkan salah satu staf di bagian PLS yang berinisial MR membenarkan bahwa mereka diperiksa oleh Tim Saber Pungli.

“Tim Saber pungli mengamankan uang swakelola sebesar 500 ribu rupiah dan kasus ini akan ditindaklanjuti kembali pada hari Senin nanti,” ujar MR.

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Timur, Jalaluddin saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com, Jumat (05/05/2017) mengatakan bahwa dirinya belum menerima laporan, bahkan ia tidak mengetahui adanya kejadian pengaman oleh Tim Saber Pungli kemarin, karena dirinya ada tugas luar.

Sementara itu, Wakapolres Aceh Timur, Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Aceh Timur kepada LintasAtjeh.com, Senin (08/05/2017) mengatakan, kasus itu sudah ditanggani tim Saber Pungli Polres Aceh Timur, dan saat ini masih didalami lebih lanjut.

“Untuk sementara ini kita sedang mengumpulkan data, apakah nanti memenuhi unsur pungli atau tidak dan kegunaan dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi ataupun untuk kepentingan pengurusan ijazah paket C,” tegas Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK.[Nas]

Baca Juga