Kodim Aceh Selatan Peringati Nuzulul Qur'an

ACEH SELATAN - Memasuki pertengahan bulan suci Ramadhan 1438 H/2017, Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an yang digelar di Masjid At-Taqwa, Asrama Kodim, Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (11/06/2017) sekitar pukul 21.00 WIB.

Pada peringatan Nuzulul Qur'an tersebut Tgk. Musriadi menyampaikan ceramah terkait makna dari Nuzulul Qur'an dan mengajak jamaah serta seluruh anggota Kodim 0107/Asel untuk dapat mengkhatam Al Qur'an selama bulan suci ramadhan.

"Nuzulul Qur’an berarti peristiwa penting dalam penurunan Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah di langit dunia yang diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu kurang lebih 23 tahun," jelasnya.

Sesuai dengan  berfirman Allah SWT dalam QS.Al- Baqarah ayat 185 yang artinya "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur".

Penceramah menambahkan, dari ayat di atas, dapat kita simpulkan bahwa bulan ramadhan adalah bulan dimana Allah SWT menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah SAW yang dijadikan sebagai petunjuk umat manusia mengenai hak dan batil .

Dalam kesempatan tersebut penceramah juga mengajak seluruh jamaah untuk dapat memuliakan bulan puasa ini dengan mengkhatam Al Qur'an.

"Jika jama'ah semua bisa mengkhatam Al Qur'an dalam bulan ramadhan ini, sangatlah mulia. Karena bulan ini bertepatan dengan peristiwa besar umat islam dimana Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW," tutupnya.

Acara ceramah Nuzulul Qur'an dilaksanakan setelah shalat isya' berjamaah, kemudian penceramah melanjutkan menjadi imam shalat taraweh.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Pasipers Dim 0107/Asel Kapten Inf Alfonso, Danramil Sawang Kapten Inf Raflizar dan anggota Makodim 0107/Asel serta jamaah sholat isya'.[Red]

Baca Juga



close
Banner iklan disini