Badan Keistimewaan Setdakab Abdya Segera Verifikasi Permohonan Beasiswa 

ABDYA - Badan Keistimewaan Pemkab Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai memverifikasi permohonan beasiswa kurang mampu berdasarkan daftar yang telah diajukan beberapa waktu lalu. Sementara itu beasiswa untuk yang berprestasi masih dalam perekapan berkas permohonan.

"Dalam sepekan kedepan pihaknya akan melakukan verifikasi permohonan beasiswa miskin dengan langsung melakukan kroscek ke tiap kecamatan masing-masing pemohon," sebut Kepala Bagian Keistimewaan Setdakab Abdya Kaermun kepada LintasAtjeh.com, Selasa (11/07/2017), di Blangpidie.

Menurutnya, jumlah dan data bagi penerima beasiswa untuk mahasiswa berprestasi saat ini sedang dilakukan perekapan berkas. Kalau sudah siap akan langsung dilakukan verifikasi ulang seperti yang lainnya.

Lanjut Kaermun, tahun ini pihaknya benar-benar melakukan pemeriksaan untuk menghindari penipuan data dan kesalahan saat pencairan nanti. Hal ini terpaksa kita lakukan agar penerima beasiswa tersebut benar-benar yang berhak mendapatkannya.

Disinggung kapan pencairan dana tersebut, Kaermun menyebutkan setelah melakukan verifikasi ulang dan perekapan data penerima pihaknya akan segera melakukan pengajuan ke Badan Keuangan Kabupaten (BKK).

"Setelah adanya pengajuan, baru nantinya dikeluarkan SK dan langsung dana tersebut dicairkan ke rekening mahasiswa," ujar Kaermun.

Pada kesempatan itu, Kaermun menyebutkan plot anggaran untuk tahun ini masih seperti tahun lalu yaitu untuk beasiswa berprestasi sebesar Rp.500 juta dan untuk beasiswa kurang mampu senilai Rp.1 milyar dari plot bantuan sosial pada APBK 2017.

"Perbup menjadi faktor defisit, makanya nantinya jumlah yang akan diterima mahasiswa tergantung data yang masuk dan lewat verifikasi, terus dibagikan dengan plot anggaran yang tersedia," demikian kata Kaermun.[ADI.S]

Baca Juga