Raih Juara I Lomba Komsos Kreatif Korem TU, Perwakilan Kodim Asel Siap Melangkah Tingkat Kodam IM

ACEH SELATAN - Grup kesenian daerah rapai geleng dari SMAN 1 Kluet Utara mewakili Kodim 0107/Aceh Selatan kembali meraih juara pertama pada perlombaan Komsos Kreatif tingkat Korem 012/Teuku Umar yang dilaksanakan di Makorem 012/TU Kota Meulaboh Desa Ujong Tanoh Darat-Alue Peunyaring, Kecamatan Merbo, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (20/09/2017).

Sebelumnya, grup ini tampil memukau di ajang perlombaan kesenian daerah dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0107/Asel pada tanggal 18 September lalu. 

Perlombaan kesenian daerah diikuti oleh 8 kabupaten wilayah Kodim jajaran Korem 012/TU yang terdiri dari Kodim 0107/Aceh Selatan, Kodim Singkil, Kodim Simeulue, Kodim Abdya, Kodim Nagan Raya, Kodim Aceh Barat, Kodim Aceh Jaya dan Kodim Sabang. 

Seluruh Kodim bersaing untuk meraih juara. Namun kompetisi perlombaan ini harus berakhir dengan keputusan juri hanya ada 3 yang meraih juara. Pada kategori kesenian daerah rapai geleng juara 1 diraih oleh Kodim Aceh Selatan, juara 2 Kodim Sabang dan juara 3 Kodim Abdya.

Sedangkan pada perlombaan puisi, Kodim Aceh Selatan harus puas mendapatkan juara 2. Untuk juara 1 diraih Kodim Aceh Barat dan juara 3 Kodim Abdya. Untuk pembaca puisi Afratul Tasya dengan judul Gugur karya WS Rendra serta sebagai pendamping Dra.Yusni.

Atas hasil yang didapat, Kodim Aceh Selatan mendapatkan piala dan uang pembinaan serta akan melangkah ke tingkat lebih tinggi yaitu lomba tingkat Kodam Iskandar Muda. Adapun nama-nama pemain grup rapai geleng SMAN Kluet Utara adalah Sapuan Armi, Khairul Amin, Hamdi, Zulman, Andika Ishak, Ali Satar, Irmansyah, M. Adria fiddin, Ikbal, Ahmad Dallah, Birul Walidaina, M. Jean Fachrenzi, Hendri dan Hayulan Fajar, untuk Cahinya adalah Hendri dan Irmansyah.

Menurut Bati Komsos Kodim Aceh Selatan Serka Ari Pamungkas, keberhasilan yang dicapai grup rapai geleng Aceh Selatan tidak terlepas dari latihan dan pembinaan serius yang diberikan oleh pendamping Miswardi dan Syamsuir yang merupakan Kepsek SMAN 1 Kluet Utara.

"Pendamping selalu memberikan motivasi dan semangat, kita juga menumbuhkan kekompakan grup, sehingga disaat tampil mereka sudah saling mengerti," ujar Serka Ari.[Red]

Baca Juga