KIP Abdya: Parpol di Abdya Belum Ada yang Mendaftar

ABDYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai membuka pendaftaran bagi partai politik (Parpol), baik lokal maupun nasional sejak tanggal 3 Oktober 2017 lalu. Pendaftaran parpol dimaksud untuk menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2019 yang akan datang.

Hal tersebut dikatakan Komisioner KIP Abdya, Hasbi kepada LintasAtjeh.com, Senin (09/10/2017), di Blangpidie usai menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 dengan seluruh pengurus partai politik, baik lokal maupun partai nasional.

Menurut Plh Ketua KIP Abdya Hasbi, sampai saat ini belum ada satupun parpol yang datang mendaftar memasukkan berkas. Padahal KIP sudah menetapkan tahapannya dari tanggal 3-16 Oktober 2017 hingga pukul 00.00 WIB. Jika dalam masa itu ada partai yang tidak mendaftar, KIP mempunyai hak prioritas untuk menutup masa pendaftaran.

"Sejak dibukanya pendaftaran parpol, sampai saat ini belum ada yang mendaftar. Kami meminta agar seluruh pengurus parpol untuk mendaftar, karena ini sangat penting untuk mengetahui kesiapan partai politik dalam mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Jika ada partai yang belum mendaftar, maka akan sulit bagi kami untuk memverifikasi faktual," jelas Hasbi.

Hasbi juga mengaku kalau pihaknya tidak mengetahui penyebab pasti kenapa sejumlah partai politik di Abdya belum mendaftar. "Kita juga merasa bingung mengapa sejumlah partai itu belum mendaftar, padahal jadwalnya sudah ditetapkan," ujar Hasbi singkat.

Sementara itu, Kasubag Teknis KIP Abdya, Agus Mudaksir, SH, menyebutkan, sosialisasi hari ini sudah diatur dalam Peraturan PKPU No. 7 Tahun 2017 terkait pelaksanaan tahapan pemilu.

"Saya berharap seluruh unsur pimpinan partai politik, segara memasukkan berkas dokumen ke Sekretariat KIP Abdya. Jangan sampai ketika waktu sudah sempit baru mengantarkan berkas," demikian pintanya Agus.

Dalam Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Aula Arena Motel Blangpidie tidak hanya membahas teknis dan aturan. Namun juga membahas tata cara kucuran anggaran dari Pemerintah Daerah, serta pengamanan dari instansi terkait. Acara dihadiri Plh Asisten Pemerintahan Musawir, Wakapolres Jadmiko, Komisioner Panwaslih serta seluruh Pengurus Partai Politik Lokal dan Nasional, berharap Pemilu kedepan berlangsung sukses, tertib dan aman.[ADI S]

Baca Juga