LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Bupati dan Wabup Aceh Besar Tinjau Embung Lambadeuk Peukan Bada

 
ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Tgk. H. Husaini A Wahab meninjau embung Lambadeuk Kecamatan Peukan Bada, yang saat ini selain difungsikan untuk mengairi sawah juga dipergunakan oleh PDAM Tirta Mountala. Peninjauan embung tersebut dilakukan usai temu ramah dengan para tokoh masyarakat, keuchik, imum mukim, mahasiswa serta pemuda Peukan Bada, Rabu (07/02/2018).

Bupati Aceh Besar, pada kesempatan itu meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan keberadaan embung tersebut secara maksimal. Karena sebagai sumber air bersih bagi masyarakat di sekitarnya ini belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat seperti sanitasi dan air minum. 

"Pemanfaatan embung ini juga sebagai salah satu usulan masyarakat sekitar untuk dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai penyediaan air irigasi persawahan. Embung tadah hujan ini juga belum cukup debit airnya untuk menyediakan kebutuhan bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut Mawardi Ali, selain keberadaan embung di Kecamatan Peukan Bada dimana tanggul laut di bantaran pantai Gampong Lamtengoh juga menjadi perhatian karena sudah banyak yang rusak sehingga air laut pasang sampai ke pemukiman warga.

"Camat setempat dapat melaporkan kepada kami perkembangan dan kebutuhan sehingga tanggul itu dapat diperbaiki," pinta Mawardi.

Sebelumnya, dalam temu ramah dengan masyarakat Peukan Bada disela-sela perayaan maulid, Bupati Aceh Besar juga menerima sejumlah usulan dari berbagai elemen masyarakat untuk program pembangunan di kecamatan tersebut.

"Kita tampung dulu dan akan dimasukan ke RPJM Kabupaten serta DID Aceh Besar. Namun tentunya semua usulannya tidak dapat dikerjakan dalam tahun ini semua, akan dilaksanakan secara bertahap," ujar Mawardi.

Di penghujung acara, Ketua Forum Keuchik Peukan Bada, Afrizal menyerahkan semua usulan masyarakat tersebut kepada Bupati Aceh Besar. Ia mengharapkan perhatian Pemkab Aceh Besar agar beberapa usulan dapat dipenuhi walaupun tidak secara keseluruhan, tergantung prioritas utama yang menyangkut hajat orang banyak.
Hadir pula dalam kesempatan itu, Sekdakab Drs. Iskandar, M.Si, Anggota DPRA Sulaiman Ali, sejumlah Kepala SKPD, Muspika Peukan Bada dan tokoh masyarakat.[DW]

Baca Juga