LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Asian Para Games 2018: Jumlah Membludak, Capai 450 Ribu Penonton Saat Digelar!


JAKARTA - Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari bersyukur dengan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang berjalan dengan baik. Respons dan dukungan masyarakat juga luar biasa terhadap penyelenggaraan ajang multi-cabang olahraga untuk kaum disabilitas.
Tercatat hingga Jumat (11/10) malam, 450 ribu penonton menyaksikan langsung perhelatan Asian Para Games 2018. Jumlah ini diluar perkiraan.


"Hingga Jumat malam jumlah penonton yang datang langsung mencapai 432 ribu penonton, dengan hari ini kita perkirakan sudah menyentuh angka 450 ribu penonton yang langsung datang ke venuepertandingan. Baik itu yang ada di kawasan Senayan maupun tempat lainnya," ujar Raja Sapta Oktohari, Sabtu (13/10) siang di MPC, Senayan, Jakarta.
Keseuksesan tersebut jelas Okto melengkapi kesuksesan kontingen Indonesia yang melebihi target perolehan medali. Indonesia berhasil meraih 37 emas, dua kali lipat dari target yang ditetapkan.
Cabang olahraga Favorit yang banyak dihadiri penonton menurut Okto, adalah cabang Para Renang, Para Bulu tangkis, Basket Kursi Roda dan Para Atletik.  "Dari venue itulah paling banyak didatangi penonton," ujar Okto.
Awalnya Asian Para Games 2018 kurang mendapat perhatian penonton.
"Dua hari pertama kita mendapat keluhan karena kursi penonton banyak yang kosong. Namun memasuki hari ketiga, keluhan ke kita justru banyak masyarakat kesulitan mendapat tiket," ujar Okto.
Kontingen Indonesia berhasil menempati urutan kelima daftar perolehan medali dengan raihan 37 medali emas, 47 medali perak dan 51 perunggu. Upacara penutupan akan berlangsung pada malam nanti di Stadion Madya Senayan, Jakarta.
Acara penutupan Asian Para Games 2018 bakal disajikan meriah. Panitia pelaksana telah menyiapkan sejumlah musisi papan atas, dari dalam dan luar negeri akan ikut meramaikan. Girlband asal Korea Ace of Angles (AOA) hingga band lokal Cokelat akan tampil menghibur sekitar 20 ribu orang dalam penutupan.
"Selain ada acara resmi seperti sambutan, serah terima bendera dan pemadaman obor. Kita juga acara konser. Untuk acara konser musisi yang dipastikan tampil adalah girls band asal Korea AOA, sedangkan dari dalam negeri ada Cokelat. Selain ada juga Netral, Rio Febrian dan Judika serta artis dari teman disabilitas," ujar Direktur of Ceremony INAPGOC, Aulia MaharizaAulia.[Republika]

Baca Juga