-->








Hama Tikus Serang Sawah Petani Kuta Makmur

21 Januari, 2015, 01.48 WIB Last Updated 2015-01-20T18:49:07Z
Bupati Aceh Utara Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Saluran Irigasi
LHOKSUKON - Sejumlah petani di Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara mengeluhkan serangan hama tikus yang melanda sawah mereka sejak Oktober 2014 lalu. Akibatnya, mereka khawatir mengalami gagal panen pada musim tanam tahun ini dan terancam tidak memiliki persediaan pangan.

berdasarkan pantauan lintasatjeh.com, petani yang mengalami gagal panen tetap semangat dalam mengatasi terhadap kegagalan yang dialaminya paska panen padi tersebut, masyarakat juga tetap bersyukur meski hasilnya belum maksimal.

Munjir (23), seorang petani di Gampong Dayah Meunara, saat ditemui lintasatjeh.com, Selasa (20/1), mengatakan kegagalan tersebut berawal dari saat pertumbuhan padi pada Oktober 2014 lalu.

“Kami mengalami gagal panen dari mulai tidak ada air sampai melebihi kuota air dan juga mengalami hama tikus yang menyebabkan kegagalan panen pada musim ini,” tutur Munjir.

Petani yang mengalami kegagalan panen, hanya bisa pasrah dalam menjalani musibah tersebut yang terjadi pada saat ini. Para petani juga tengah mencari solusi agar tetap bisa menjalankan rutinitasnya sehari-hari.

Munjir menambahkan, hingga saat ini belum ada perhatian dari pihak Pemerintah dan dinas terkait serta dari Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan tersebut. "Mudah-mudahan secepatnya mendapat perhatian pemerintah daerah, untuk menghindari kerugian lebih luas," harapnya. [Sam]
Komentar

Tampilkan

Terkini