-->








Pemkab Aceh Utara Bangun Saluran Irigasi

21 Januari, 2015, 00.42 WIB Last Updated 2015-01-20T17:42:13Z
LHOKSUKON – Dalam rangka hari kedaulatan pangan nasional yang serentak diperingati secara nasioal, di Kabupaten Aceh Utara ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi di Desa Meunasah Pante, Kecamatan Baktiya Barat, Selasa (20/1).

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Aceh Utara bersama Muspida. Hadir dalam acara itu Dandim 0103/Aut Letkol Inf Iwan Rosandriyanto, Kapolres AKBP Achmadi, Kajari T Rahmatsyah, SH. dan pejabat lainnya.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengatakan, pembangunan saluran irigasi tersebut dengan tujuan untuk menggenjot hasil produksi pertanian di kabupaten yang terkenal dengan jajanan “Pocut Brownis”. Bupati menyebutkan, proyek tersebut dibangun tahun 2014 akhir, oleh CV Dewi Guna Lhokseumawe, dengan menyedot anggaran APBK Aceh Utara kurang lebih sebesar Rp 950 juta lebih.

TNI khususnya, ujar Cek Mad--sapaan akrab Bupati—diminta untuk kerjasama untuk memonitor dan mendukung program ketahanan pangan dan kedaulatan pangan pemerintah. Bupati dalam kesempatan itu akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan swasembada pangan dalam 3 tahun mendatang seperti yang telah ditargetkan Presiden Jokowi.

“Pemerintah akan terus berupaya untuk pemenuhan kebutuhan pangan pokok di daerah,” tanda Cek Mad.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, pasca banjir Desember 2014 lalu dari 45 ribu hektar lahan pertanian di Aceh Utara mengalami kerusakan. Untuk itu, dalam rangka penanggulangan gagal panen kemarin Pemerintah pusat melalui Dirjen Tanaman Pangan Departemen Pertanian RI, Dr. Hasil Sembiring telah membantu bibit padi sebanyak 438 ton untuk Aceh Utara yang diterima secara simbolis oleh kelompok tani di Desa Alu Anoe Timu, Baktiya yang disaksikan oleh Bupati Cek Mad. [Zul]
Komentar

Tampilkan

Terkini