-->








Perajian Batu Akik di Purbalingga Dibantu Modal Rp900 Juta

31 Januari, 2015, 16.24 WIB Last Updated 2015-01-31T09:25:46Z
PURBALINGGA - Wakil Bupati Purbalingga Tasdi mengatakan, pemkab melalui APBD tahun 2015 akan menganggarkan dana sebesar Rp 900 juta untuk membantu peralatan bagi perajin batuakik.

Pemkab juga akan membuka jaringan untuk membantu memasarkan batu akik asal Purbalingga, termasuk di tempat- tempat wisata. Menurut Tasdi, hal itu sesuai dengan program pemerintah pusat adanya Perpres Nomor 95 tentang pengembangan UMKM.

“Potensi bahan baku batu akik di Purbalingga sangat melimpah. Untuk menghindari eksploitasi besar-besaran, pemkab seegra membuat regulasi yang bentuknya peraturan bupati (perbub) ataupun peraturan daerah (perda),” katanya.

Dibuatnya regulasi tersebut, sambung Tasdi, merupakan upaya pengendalian bahan baku yang melimpah. “Di samping secara riil ikut membantu, secara organisatoris manajemen, pemkab juga ikut turun tangan dengan membentuk paguyuban baik di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa,” katanya.

Diharapkan, batua kik ke depan menjadi produk unggulan kabupaten Purbalingga yang bisa meningkatkan pendapatkan masayarakat lokal. [suaramerdeka]
Komentar

Tampilkan

Terkini