-->

Kodim 0103/Aut akan Buka Lahan Ketahanan Pangan Seluas150 Hektar

11 Februari, 2015, 19.56 WIB Last Updated 2015-02-11T12:56:48Z
LHOKSUKON - Dalam rangka melaksanakan program Presiden Jokowi untuk ketahanan pangan, Komando Distrik Militer (Kodim) 0103 Aceh Utara akan membuka lahan tidur seluas 150 hektar, di Desa Seureuke Blok A, Kecamatan Langkahan.

Rencana pemanfaatan lahan tidur tersebut disosialasikan di Meunasah Seureuke Blok A, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (11/2).

Hadir dalam acara itu, Perwira Penghubung (Pabung) Dim 0103/Aut Mayor Ojak Simarmata, Danramil Kuta Makmur Kapten Said, Danramil Muara Satu Kapten Misdiono, Danramil Sawang Kapten Rony, Danramil Langkahan Kapten Sarman, Camat Langkahan M Jamil S.Sos, Geuchik Seureuke Sardilan, Kelompok Tani Desa Seereuke Sudikan, Babinsa Koramil 29 Langkahan, Kepala BPP Mislanto dan Mentri Tani Drs. Bukhari Yus, serta masyarakat setempat.

Geuchik Seureuke, Sardilan, dalam sambutannya mengatakan sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan. Mengingat ada lahan tidur sekitar 150 hektar, maka dalam musawarah akan dibahas teknis atau pun mekanisme penananman ketahanan pangan seperti jagung ataupun kedelai.

Selanjutnya Camat Langkahan, Muhammad Jamil, S.Sos, mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI di jajaran Kodim 0103 Aceh Utara yang telah membantu program ini. Menurutnya, TNI sudah mempunyai komitmen dengan presiden Jokowi untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Atas program ini diharapkan masyarakat untuk mendukung, dan pemerintah Aceh Utara pun juga mendukung. Camat juga mengharapkan masyarakat untuk ikhlas dan membangun kesadaran dalam bekerja, insya Allah akan berhasil.

Sementara itu, Pabung Mayor Ojak Simarmata mengatakan bahwa peran TNI selain berperang, namun ada tugas lain seperti membantu di bidang sosial seperti musibah banjir, dan kegiatan social lainnya.

Menurut Ojak, seperti di Negara lainnya tentara sangat berperan aktif dalam membantu penguatan pangan. Sebagai contoh, di negara Thailand, Vietnam dan negara lainnya.

Pabung menambahkan, Kodim di sini ikhlas membantu pemerintah dan masyarakat. Menindaklanjuti hal itu, TNI sudah mensurvey lokasi lahan tidur yang cocok untuk program tersebut persisnya di desa ini (Seureuke,red).

"Banyak orang yang mau bekerja namun menyewa lahan. Akan tetapi di sini, kita punya lahan dan siap untuk dikerjakan dan tentunya agar berhasil dibutuhkanlah kerjasama," ujar Ojak.

Selanjutnya paparan tentang teknis dan mekanisme penanaman di areal 150 hektar itu disampaikan oleh Danramil Sawang, Kapten Roni. [01]
Komentar

Tampilkan

Terkini