-->








Polres Aceh Utara Latih Pelajar Untuk Patroli Keamanan Siswa

24 Februari, 2015, 16.39 WIB Last Updated 2015-02-24T10:12:45Z
Ilustrasi
LHOKSUKON- Sekitar 24 siswa dan siswi dari empat sekolah tingkat SMA/sederajat di Ibukota Lhoksukon, Aceh Utara  ikuti program Pelatihan dan Pendidikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang berlangsung di aula tribrata Polres Aceh Utara. Program tersebut dilatih oleh Satuan Lalulintas Polres Aceh Utara dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Aceh Utara.

Kepada lintasatjeh.com, Selasa (24/2/2015), Kapolres Aceh Utara AKBP Achmadi SIK, melalui Kasat Lantas AKP M. Muchtar, mengatakan, masing-masing siswa dan siswi berasal dari sekolahan SMA Negeri 1 Lhoksukon, SMK Negeri 1 Lhoksukon, SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon, dan MAN Lhoksukon.

“Ke 24 siswa dan siswi yang menjadi anggota PKS merupakan pilihan masing-masing pihak sekolah. Artinya, para siswa tersebut adalah siswa yang berprestasi dan mendapatkan rangking di sekolah. Para anggota PKS tersebut kita latih aturan lalulintas, dan diharapkan dapat memberikan contoh yang teladan kepada adik-adik letingnya,” katanya.

Dikatakannya, program PKS telah berlangsung sepuluh kali pertemuan. Dalam seminggu, pelatihan dilaksanakan dua hari, yaitu Kamis dan Jum’at dengan tenggat waktu selama dua jam. Tak hanya itu, para peserta nantinya juga bakal turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi dan tertib lalulintas di beberapa titik dengan didampingi pihak kepolisian dari Satlantas setempat.

“Program ini sudah kita jalankan selama sepuluh kali pertemuan, dua kali dalam seminggu. Dan kita juga memberikan latihan 12 gerakan lalulintas kepada anggota PKS. Kemudian, nantinya para peserta PKS akan dilibatkan untuk sosialisasi kepada pengendara kenderaan di jalan raya,” sebut AKP Muchtar.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Lhoksukon, Usmani S.Pd, mengapresiasi program tersebut. Pihaknya berharap para siswa dan siswi yang ikut program PKS itu nantinya dapat membawa nama baik sekolah dan memberikan contoh yang baik juga kepada adik-adik letingnya di sekolah.

“Kita sangat apresiasi program tersebut. Maka oleh karena itu kita juga harapkan agar nantinya si peserta PKS bisa memberikan contoh yang kepada adik-adik letingnya dalam berlalulintas yang baik,” kata Usmani kepada lintasatjehcom. [Chaisya Malda]
Komentar

Tampilkan

Terkini