-->








‎Bides Diminta Serius Layani Ibu Hamil ‎

13 April, 2015, 15.46 WIB Last Updated 2015-04-13T09:36:17Z
LANGSA - Bagi tenaga bidan yang bertugas di Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) maupun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harus serius dan berkontinyu setiap melayani atau menangani pemeriksaan kesehatan ibu hamil yang berada di wilayah tempatnya bertugas, Senin (13/4).

Hal ini sebagai salah satu upaya penyelamatan dini dan juga menghindari atau menekan angka kematian ibu dan bayinya di wilayah Pemko Langsa," kata Wakil Walikota Langsa, Drs. Marzuki Hamid, MM.

Dijelaskannya, secara umum di wilayah Pemko Langsa, jumlah angka kematian ibu dan bayi tidak tinggi. Namun, saya minta kepada para bidan harus dipertahankan terus karena itu memang menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai pemerintah.

Pemeriksaan secara kontinyu itu yakni dengan cara melakukan pendataan berapa banyak jumlah ibu hamil di wilayah tempatnya bertugas dan menjalin/menciptakan hubungan komunikasi yang baik,sehingga kita dapat terus mengontrol kesehatannya.

Cara menjalin hubungan komunikasi ini yakni dengan cara meminta nomor telepon selulernya, sehingga keseriusan kita dalam menangani pasien ibu hamil mulai umur kehamilannya satu-sembilan bulan, bahkan, sampai masa waktu melahirkan dapat terus terkontrol dibawah pengawasan bidan.

"Jika upaya seperti ini dilakukan oleh para bidan, insya Allah dapat menghindari atau menekan angka kematian ibu dan bayinya. Namun, bila memang terjadi juga itu semua sudah kehendak Allah SWT,"ujarnya.

Selain itu, kepada masyarakat terutama para ibu hamil agar jangan ragu dan sungkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya selama bersangkutan sedang mengandung/hamil ke Puskesdes maupun Puskesmas, karena tidak akan dipungut biaya alias gratis dan itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah setempat memberikan pelayanan kesehatan.

"Jadi, bila ada petugas bidan yang tidak mau melayani atau sering tidak berada di tempatnya ketika hendak melakukan pemeriksaan dan melakukan pemungutan biaya agar jangan takut untuk melaporkannya ke saya,"tegasnya seraya menambahkan, setiap bidan desa (Bides) yang sudah di tempatkan tugasnya memang untuk melayani kesehatan masyarakat terutama ibu hamil.

Lanjutnya, selaku bidan agar dapat menjaga etika moralnya dan prilakunya di tempatnya bertugas terutama dalam hal berpakaian mengedepankan Islami maupun pergaulannya, untuk menghindari fitnah dari masyarakat.Karena kita tahu bidan sekarang masih muda-muda dan cantik sehingga dapat menarik perhatian.

Selain itu, para bidan yang bertugas di wilayah Pemko Langsa juga harus bersyukur, karena jangkauan wilayah tempatnya bertugas lebih dekat jaraknya, dibandingkan seperti di daerah Aceh Timur dan Aceh Tamiang. [dedek]
Komentar

Tampilkan

Terkini