-->








Sebagian Warga Lhoksukon Tak Bisa Saksikan Gerhana Bulan

04 April, 2015, 23.15 WIB Last Updated 2015-04-04T16:15:34Z
LHOKSUKON - Gerhana bulan yang terjadi pada petang tadi menjelang magrib, Sabtu (04/04/2015), tak dapat disaksikan sebagian besar warga di Ibukota Lhoksukon, Aceh Utara. Hal itu terjadi karena langit yang sebelumnya cerah malah mendadak ditutupi awan tebal

“Kami sudah bersiap-siap berkumpul di lapangan terbuka untuk menyaksikan proses terbentuknya gerhana bulan malam ini. Namun awan tebal malah menutupi langit yang sebelumnya cerah. Sehingga kita tak dapat saksikan gerhana. Langit kemudian cerah kembali pukul 21:00 WIB tadi,” ungkap seorang warga di Lhoksukon, Nasrullah (35).

Meskipun demikian, sebagaimana yang terpantau lintasatjeh.com, sejumlah warga tetap antusias melaksanakan shalat sunnah gerhana di mesjid menjelang Shalat Isya.

Sebelumnya, warga juga banyak yang belum mengetahui akan terjadi gerhana bulan malam ini. Warga mengetahui setelah sebagian warga lainnya berkumpul di lapangan terbuka seperti di lapangan bola, dan areal persawahan.

Seperti diketahui, sebagaimana yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia, bahwa pada tanggal 4 April 2015 Akan terjadi Gerhana bulan Total. Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia.

Tak hanya itu, gerhana ini juga dapat diamati dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia kecuali bagian Barat, dan sebagian kecil Afrika Timur. Seluruh proses Gerhana Bulan akan bisa diamati dari wilayah Papua bagian Timur. Hal ini mengingat Bulan sudah terbit sebelum fase Gerhana mulai terjadi.

Adapun pengamat di daerah Papua bagian Barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian Timur akan mendapati Bulan dalam fase Gerhana Penumbra saat Bulan terbit. Pengamat yang berada di Kalimantan Timur bagian Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa dan Sumatera akan mengamati bulan dalam fase Gerhana Sebagian saat Bulan terbit.

Pada waktu-waktu berikutnya, semua pengamat bisa mengamati fase-fase gerhana hingga berakhirnya fase Gerhana berakhir. Untuk masyarakat dengan waktu Indonesia barat fenomena alam ini bisa disaksikan pukul 17.15 WIB hingga 20.45 WIB. [Chaisya Malda]
Komentar

Tampilkan

Terkini