-->

Mahasiswa Aceh Rekomendasikan Turunan UUPA ke DPR RI

20 Mei, 2015, 22.39 WIB Last Updated 2015-05-20T15:40:00Z
JAKARTA - Delegasi mahasiswa Aceh, merekomendasikan kepada wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah tentang turunan UUPA yang sampai sekarang belum tuntas.

Rekomendasi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Malikussaleh (BEM Unimal) Aceh Utara, Azhari, Rabu (20/5/2015) saat menghadiri acara international student confernce, di Kampus Uhamka, Jakarta Timur.

Hadir dalam acara BEM seluruh Indonesia yang ada di 33 provinsi, PPI Filipina, PPI Singapura, dan PPI Malaysia.

Selain UUPA, pada kesempatan itu delegasi yang mewakili Aceh merekomendasikan rancangan peraturan pemerintah dan rancangan peraturan presiden maupun qanun yang sudah disahkan, namun belum juga bisa direalisasi karena masih terkendala di tingkat pemerintah pusat, diantaranya qanun wali nanggroe, qanun bendera, dan qanun KKR.

Padahal menurut Azhari, qanun tersebut merupakan perintah langsung UUPA. Dan juga mengenai peran pemerintah Indonesia dalam mengatasi konflik rohingya yang terdampar di Aceh.

"Tuntutan kita juga mendapatkan dukungan oleh semua peserta yang hadir dalam acara student conference international, mereka juga siap mengawal tuntutan kita dari Aceh," ujarnya.

Acara ini diselenggarakan di kampus Uhamka Jakarta Timur, berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan 22 Mei, dengan tema mengembalikan jati diri untuk menegakkan kemandirian dan kedaulatan bangsa dalam menghadapi asean komunity 2015.

Tujuan kegiatan ini juga adalah silaturahmi serta konsolidasi forum pelajar dan pemuda Indonesia, PPI yang berada di kawasan ASEAN Australia dan BEM yang ada di 33 provinsi. Serta mengetahui konsep dan bersinergi pada pemerintah dalam sektor energi, pangan, ekonomi kreatif dan maritim, meningkatkan komunikasi dan hubungan antar pelajar Indonesia di dalam dan luar negeri, menghasilkan sebuah aplikasi bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia untuk menghadapi ASEAN komunity 2015.

Acara tersebut melahirkan rekomendasi untuk disampaikan kepada pemerintah maupun DPR RI, adapun rekomendasi yang menyangkut tentang daerah, politik hukum dan keamanan, bidang perekonomian, pendidikan dan kesehatan.

Adapun delegasi dari Aceh yang hadir BEM Unimal 4 orang, BEM UTU Meulaboh 2 orang. Senat mahasiswa Stain Malikussaleh 2 orang dan DEMA jurusan Tarbiyah Stain Malikussaleh, serta SC acara international student conference dari Stain Malikussaleh 1 orang.[pin]
Komentar

Tampilkan

Terkini