-->

Muslim Rohingya di Aceh Utara Terserang Penyakit Dispepsia

12 Mei, 2015, 21.15 WIB Last Updated 2015-05-12T14:15:21Z
Gadis Rohingya
LHOKSUKON – 91 orang dari ratusan pengungsi Myanmar dan Bangladesh yang sampai hari ini masih menempati Gedung Olahraga (GOR) Lhoksukon, Aceh Utara terserang penyakit Dispepsia atau yang lebih dikenal dengan penyaki lambung. Selain itu, mereka juga mengalami kurang cairan.

Salah satu petugas medis dari Dinas Kesehatan Aceh Utara menyebutkan, dari 91 pengungsi yang diserang penyakit diantaranya adalah wanita dan anak-anak. Untuk menanganinya, pihak Dinkes menempatkan enam orang tenaga medis, dan satu orang dokter.

“Kebanyakan dari mereka mengalami penyakit dispepsia, dan kekurangan cairan, mereka ditangani di ruang khusus, kami juga menangani satu orang wanita hamil,” ujar salah seorang tenaga medis, Selasa (12/5/2015).

Pantauan lintasatjeh.com, selain penyakit, fasilitas di penampungan tersebut juga kurang memadai. Bahkan, menimbulkan aroma tak sedap. Fasilitas yang sangat mendesak salah satunya adalah MCK.
  
Sementara itu, Sayed Kareem (45) salah satu pengungsi muslim Rohingya, kepada lintasatjeh.com mengatakan, mengaku sangat senang dengan warga Indonesia khususnya Aceh yang baik-baik dan ramah-ramah.

"Saya berterimakasih kepada warga Indonesia khususnya Aceh yang begitu baik dan ramah dengan kami, kami tidak lagi pulang ke negaranya, lebih baik kami ditembak daripada pulang ke Negara kami, " ujarnya.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini