-->








Pemerintah Jamin Investasi di Timor Leste Aman

03 Mei, 2015, 20.48 WIB Last Updated 2015-05-03T13:48:58Z
TIMOR LESTE - Wakil Menteri Keuangan Timor Leste, Helder Lopes mengatakan, saat ini terdapat dua kelompok investor di Timor Leste, yaitu investor khusus untuk proyek pemerintah dan riil investor.

"Untuk investor proyek, biasanya mereka ke Timor Leste untuk mencari proyek jalan raya, setelah selesai proyeknya mereka bisa kembali lagi. Tapi ada juga investor riil yang mereka menanam modal di sana," kata dia dalam keterangan resmi yang dikirim ke redaksi, Minggu (3/5).

Selain dari investasi langsung, anggaran pemerintah Timor Leste hampir 90 persen masih di dapat dari penjualan minyak, sedangkan 10 persen dari pajak.

"Eksplorasi minyak yang selama ini dilakukan pemerintah Timor Leste hasilnya tidak langsung digunakan, namun disimpan di Petroleum Fund. Setiap tahun kita hanya mengambil 3 persen dari uang itu, ditambah dengan pajak. Jadi sekarang uang di Fund sudah sekitar USD17 miliar, cukup substansial karena budget kita hanya sekitar USD1,5 miliar,” terangnya.

Helder menambahkan, saat ini masalah negaranya bukan dari faktor uang, namun kemampuan pemerintah untuk menggunakan uang. Pihaknya tidak ingin memiliki kapasitas uang, namun tidak tahu cara membelanjakannya secara efektif.

"Tapi sejauh ini ada koordinasinya. Kita dari Kementerian Keuangan selalu merekomendasikan kementerian lainnya untuk melakukan anggaran sesuai dengan kemampuan mereka, jangan sesuai ambisi," tandasnya.[rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini