-->

Aceh Utara Akan Buka Perguruan Tinggi Baru

17 Juni, 2015, 13.46 WIB Last Updated 2015-06-17T06:47:37Z
IST
LHOKSUKON - Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan Aceh Utara yang diketuai langsung oleh Drs. M. Jamil, M.Kes yang juga selaku Wakil Bupati Aceh Utara, akan membuka kampus baru di Aceh Utara. Hal ini sesuai dengan Surat  Keputusan Mendikbud No. 423/E/O/2014 tentang Ijin Pendirian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bangsa Aceh Utara yang diterimanya dipenghujung tahun 2014 lalu.

Dalam Surat Keputusan yang diterima beliau, menyebutkan tentang Ijin Pendirian kampus STKIP Citra Bangsa Aceh Utara dengan dua Program Studi, S1 Pendidikan Matematika dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

“Sebelumnya pihak Yayasan PBHK Aceh Utara mengusulkan tiga Program Studi, yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika dan PGSD, kepada Dirjen DIKTI melalui Direktorat Kelembagaan dengan nomor surat penerimaan usulan: 195  pada tanggal 11 Januari 2010, dan baru pada akhir tahun 2014 mendapat SK Ijin Pendirian,” ujar Drs. M. Jamil, M.Kes.

Rencananya STKIP Citra Bangsa Aceh Utara akan dibuka dua tempat, Kampus 1 di Panton Labu tepatnya di Gampong Cempeudak Kecamatan Tanah Jamboe Aye, Kampus 2 di wilayah Geudong, Gampong Blang Peuria berhadapan dengan UPTD Dinas Pendidikan Samudera.

Menurut Drs. M. Jamil, M.Kes, dengan keluarnya SK Ijin Pendirian tersebut, maka akan membuka kesempatan kepada calon-calon mahasiswa diwilayah terdekat. Dan sangat strategis dibuka di Kota Panton Labu, karena wilayah tersebut berbatasan dengan Kabupaten Aceh Timur yang mempunyai rentang sangat jauh untuk kuliah bagi lulusan SMA. 

Selain itu, kabupaten Aceh Utara sampai 2013, baru memiliki 2 (dua) PTS dan 1 PTN, yaitu, satu PTS dibidang Kesehatan (STIkes), satu PTS lagi dibidang Agama (STAI) dan satu Universitas Negeri. Maka dengan hadirnya kampus baru, STKIP Citra Bangsa Aceh Utara akan berdampak positif secara luas dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat Aceh Utara dan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang memang masih belum sesuai dengan target dari Propinsi Aceh umumnya dan Aceh Utara khususnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Mursalin, S.Pd.,M.Pd juga menjelaskan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mendaftarkan kampus tersebut ke Kopertis 13 Wilayah Aceh untuk pembukaan layanan PDDIKTI. Bagi siswa-siswi yang lulus tahun ini dan tahun sebelumnya yang berada di wilayah Panton Labu atau sekitarnya sudah bisa mendaftarkan diri di kantor STKIP Citra Bangsa di Gampong Cempeudak Kecamatan Tanah Jambo Aye. Begitu juga untuk wilayah Geudong.

Pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016, dimulai tanggal 2 Maret s.d 25 Agustus 2015. Pihak yayasan memberikan beberapa bonus kepada pendaftar, bagi yang mendapat peringkat 1 s.d 10 di sekolah dan peringkat lulus UN akan dibebaskan biaya pendaftaran dan tes masuk.

Selain itu, “Bonus juga diberikan kepada pelamar SNMPTN, SBMPTN yang tidak lulus pada kampus Negeri dibebaskan biaya pendaftaran dengan memperlihatkan bukti pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN.” terang ketua yayasan, Rabu (17/6/2015). [rls/pin]
Komentar

Tampilkan

Terkini