-->

Migran Rohingya akan Dipindahkan ke Tempat Ini

02 Juni, 2015, 22.16 WIB Last Updated 2015-06-02T15:17:43Z
gedung BLK. (Foto: Dok)
LHOKSUKON - Sekitar 322 orang imigran Myanmar etnis muslim Rohingya akan dipindah lagi yang kedua kalinya. Saat ini mereka masih menempati gedung pelabuhan ikan di Desa Kuala Cangkoy, Lapang, Aceh Utara.

Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah mengatakan, para imigran tersebut direncanakan akan dipindah ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara.

“Tempat baru untuk penampungan imigran Myanmar yaitu di gedung BLK. Pemindahan dilakukan agar mendapatkan lokasi yang layak dan memenuhi standar lokasi penampungan,” katanya, Selasa (02/6).

Chairul Sya'ban jurnalis lintasatjeh.com melaporkan langsung dari lokasi menyebutkan, bahwa saat ini lokasi penempatan baru untuk para imigran tersebut sedang di bersihkan.

Lokasi yang diperkirakan seluas tujuh hektar itu sudah mulai bersih. Beberapa petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aceh Utara juga sibuk menyiapkan lahan untuk mendirikan bilik. Terlihat juga sejumlah staf Internaitonal Organization for Migration (IOM) yang mengecek lokasi.

Menurut Amir Hamzah, sudah empat hari IOM turun ke lokasi tersebut untuk melakukan berbagai survei. Diantaranya mengukur lahan untuk dibuat pagar dan untuk kebutuhan lainnya.

“Berdasarkan hasil rapat dengan berbagai pihak yang berkompeten, mengenai berbagai sarana dan prasarana ditempat yang baru itu akan dikerjakan oleh Yayasan sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan IOM,” katanya.

Sebelumnya, ratusan imigran Myanmar dan Bangladesh ditempatkan di gedung olahraga Lhoksukon, namun karena sanitasinya kurang memadai, maka Pemkab memindahkan mereka ke dua tempat yang berbeda.

322 imigran Myanmar ditempatkan di Desa Kuala Cangkoy, dan 232 imigran Bangladesh dipindahkan ke bekas gedung imigrasi Lhokseumawe di Peunteut, Lhokseumawe.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini