-->

Pancasila Jerih Payah Umat Islam

03 Juni, 2015, 21.38 WIB Last Updated 2015-06-03T14:39:21Z
JAKARTA Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis menilai Pancasila bukanlah agama, melainkan falsafah negara yang memayungi agama-agama di Indonesia.

“Pancasila bukan agama, tetapi ‘kesaktian’ nya terbukti dapat menyatukan agama-agama yang hidup dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Cholil dalam rilis yang diterima hidayatullah.com, Selasa (02/06/2015) sore.

Menurut Cholil, lahirnya Pancasila yang jatuh 1 Juni 70 tahun silam ini merupakan jerih payah umat Islam yang mayoritas. Umat Islam telah merelakan egonya untuk berbagi kebaikan yang terkandung dalam ajaran Islam dan menyingkirkan potensi perpecahan.

“Kewajiban anak bangsa sekarang ini adalah memelihara kerukunan antar umat dan internal umat beragama, juga memaksimalkan potensi diri untuk mengisi kemerdekaan yang digali dari spirit dan nilai-nilai agama,” ungkap Cholil.

Pancasila, lanjut Cholil, tak perlu dipertentangkan apalagi dibenturkan dengan ajaran agama. Sebab agama lebih luas cakupannya dan komprehensif sedangkan Pancasila adalah kebutuhan sebagai falsafah dan dasar negara.

“Orang yang agamis pastinya adalah pancasilais,” tandas Cholil.[Hidayatullah]
Komentar

Tampilkan

Terkini