-->

Kapolda Papua Barat Larang Rayakan HUT OPM

01 Juli, 2015, 13.10 WIB Last Updated 2015-07-01T06:11:11Z
IST
PAPUA - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Papua Barat, Brigjen Paulus Waterpauw melarang masyarakat di daerah itu merayakan 1 Juli sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka.

"Tanggal 1 Juli di Papua tidak hanya diperingati sebagai hari ulang tahun Bhayangkara, tetapi juga dianggap oleh sekelompok masyarakat sebagai hari berdirinya Organisasi Papua Merdeka (OPM)," kata Kapolda Paulus Waterpauw di Manokwari, seperti dilansir Antaranews,  Rabu (1/7).

Kapolda menegaskan, aktivitas memperingati HUT Organisasi Papua Merdeka bertentangan dengan UU. Karena itulah, kepolisian tidak memberikan izin kepala kelompok manapun di wilayah hukum Polda Papua Barat untuk melakukan aktivitas memperingati HUT OPM.

"Apabila ada kelompok-kelompok tertentu yang melakukan aktivitas memperingati HUT OPM maka akan diproses hukum," kata Kapolda.

Dia menjelaskan, kepolisian saat ini sedang memproses hukum empat aktivis KNPB yang beberapa waktu lalu mempengaruhi masyarakat melakukan aksi unjuk rasa menentang kedaulatan NKRI.

"Empat aktivis tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polres Manokwari guna proses hukum lebih lanjut ke pengadilan," ujarnya.

Dia berharap agar masyarakat di Papua Barat tidak mencontoh empat aktivis yang mempengaruhi orang lain tersebut.[rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini