-->








Aceh Timur Panen 50 Ton Semangka

03 Agustus, 2015, 23.14 WIB Last Updated 2015-08-04T05:37:58Z
ACEH TIMUR - Kelompok Tani (Poktan) Penghuni KTM Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Senin 3 Agustus 2015 melakukan Panen Perdana Semangka yang ditanam diatas lahan 5 hektar di desa setempat dengan total mencapai 50 ton.

Ketua Poktan Penghuni KTM, Safrizal Komeng didampingi Nek Hasan mengatakan, kesuksesan usaha tani kelompoknya itu berkat bantuan anggota Poktan, sehingga dalam tempo yang tidak lama para anggota Poktan mampu memetik hasil yang maksimal. "Jika tidak terendam banjir beberapa hari yang lalu, maka kita perkirakan hasil panen bisa lebih maksimal lagi.

Bupati Aceh Timur Hasballah HM.Thaib atau Rocky didampingi Sekda M. Ikhsan Ahyat,S.STP,M.AP yang hadir dalam panen perdana semangka mengaku bangga dengan hasil kerja para petani di pedalaman Aceh Timur yang terus berjuang untuk kemajuan ekonomi.

"Hasil panen semangka kali ini luar biasa, bahkan ada semangka yang beratnya mencapai 15 kilogram per buah. Tapi rata-rata kita tibang hasil kali ini di atas 7 kilogram," kata Rocky.

Dia mengatakan, bentuk buah semangka yang bagus dan rasanya yang lezat manis dinilai bisa dipasarkan diluar Aceh seperti pasar buah Berastagi dan Buket Lawang, Sumatera Utara. "Bentuk semangka bagus. Ini bisa dipasarkan ke luar Aceh juga, karena bentuk dan rasa semangka juga akan menentukan harga semangka dari Aceh," tambah Rocky.

Harga pasaran semangka Rp3000 per kilogram, lanjut Rocky, dinilai sudah harga yang maksimal untuk saat ini, namun orang nomor satu di Aceh Timur itu mengharapkan petani disana terus melanjutkan menanam semangka, karena proses tanaman yang ringan konsumsi masyarakat yang tinggi membuat petani tidak merugi.

"Jarang tanaman samangka yang kena penyakit, sehingga kita minta petani terus bergelut dibidang pertanian khususnya tanaman semangka yang berpotensi bagus di kawasan KTM Desa Seumanah Jaya," ujar Rocky. [Iskandar/R]
Komentar

Tampilkan

Terkini