-->








Gubernur Zaini Bangun Kawasan Ternak di Takengon

23 Agustus, 2015, 19.43 WIB Last Updated 2015-08-23T12:43:56Z
IST
TAKENGON - Gubernur Provinsi Aceh, dr. Zaini Abdullah menyerahkan bantuan berupa alat mekanisasi pertanian dalam kegiatan penutupan acara pameran Expo Ternak yang ke VI di lapangan pacuan kuda H. M Hasan Gayo, Desa Blang Bebangka, Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (23/8/2015).

Bantuan tersebut berupa traktor besar dua unit, traktor sedang enam unit, 24 unit handtraktor, tujuh unit power tricher, dan mesin pompa air sebanyak lima unit.

Dalam sambutannya, Gubernur Aceh mengatakan bahwa dalam rangka mengembangkan ternak sapi dan kerbau ini Pemerintah Aceh juga akan memperluas kawasan ternak di beberapa kabupaten dan kota. Sebagai contohnya di Aceh Tengah telah di bangun kawasan ternak di Ketapang Linge,dan Aceh Besar.

“Kegiatan ini juga sebagai langkah mendukung kebutuhan daging daerah serta mendukung program swasembada daging secara nasional. Mudah-mudahan expo ternak ini akan menjadi semangat petani ternak di Aceh untuk terus meningkatkan angka kesediaan daging ternak secara daerah dan secara nasional,” katanya.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah, Ir. Nasruddin MM mengatakan, kegiatan Expo digelar sebagai wadah serta tukar informasi antar satu peternak dengan peternak yang lainnya sehingga dapat bertukal ilmu dalam ilmu peternakan. Pihaknya juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah menunjukkan Aceh Tengah sebagai tuan rumah Expo Ternak ke VI itu.

Dalam kesempatan itu pula, ia menyampaikan bahwa khusus di daerahnya itu sejak tahun 2005 sudah dijalankan program di satu daerah yaitu ternak sapi bali. Dan menurutnya program tersebut terus berjalan sampai tahun ini, bahkan sudah ada 200 Kepala Keluarga yang berproduksi dan tahun ini akan ditambah 65 KK lagi.

“Sebagai evaluasi peternakan perlu diketahui cukup banyak kemajuan peternakan didaerah kita, hal tersebut dapat kita lihat dalam kegiatan expo ternak kali ini. Syukur dengan adanya petani ternak ini khususnya di kabupaten Aceh Tengah harga ternak kita sangat stabil dan kebutuhan daging dapat kita tercukupi,” ungkap Nasruddin.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini