-->








Staf Kemenkopolhukam RI Kunjungi Rohingya di Blang Ado

07 Oktober, 2015, 22.03 WIB Last Updated 2015-10-07T15:04:07Z
LHOKSEUMAWE - Rombongan Staf Kemenkopolhukam RI bertandang ke Lhokseumawe, Aceh, siang tadi, Rabu (7/10/2015) siang tadi, untuk mengunjungi imigran Myanmar etnis Rohingya di Shelter Desa Blang Ado, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara.

Adapun rombongan Staf Kemenkopolhukam RI yaitu, Brigjen Pol Chairul Anwar (Asdep 2/V Kemenkopolhukam), Brigjend Pol Yurod Saleh (Dir Nyidakim Imigrasi Kemenkumham), Nur Ibrahim (Perwakilan dari Kemenlu), Mr. Mark (Chief Mission  IOM Indonesia), Andre Therik (UNHCR), Mr. Steve (IOM), Julia Natalegawa (IOM), dan Jefry (Staf Polhukam).

Tujuan dari kunjungan tersebut untuk mengecek kebenaran tentang adanya laporan-laporan tindakan pelanggaran atau pelecehan seksual seperti yang dilaporkan oleh elemen sipil. Selain itu juga untuk melakukan koordinasi dengan Pemkab Aceh Utara serta IOM dan ACT dalam penanganan pengungsi Rohingya di Aceh.

Dalam kesempatan itu, Brigjend Pol Chairul Anwar mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi untuk menampung dan melayani pengungsi Rohingya dengan baik.

Dia menambahkan, jika ada pengungsi yang kabur atau ada yang tidak mau tinggal di tempat penampungan ini, mungkin adanya pihak-pihak yang ingin membawa lari imigran tersebut, untuk diperjual belikan.

Di sisi lain, di tempat penampungan ini sudah di siapkan tempat untuk kerja dan tempat untuk kegiatan mereka seperti berternak, bengkel, dan berkebun, sehingga diharapkan fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh imigran.

Ditanya kapan imigran Rohingya akan dideportasi, Brigjend Pol Chairul Anwar belum memastikan sampai kapan akan dikembalikan ke negara asalnya.[Razali]
Komentar

Tampilkan

Terkini