-->








Tiap Hari Masyarakat Hasilkan 0,4 Kilogram Sampah

30 November, 2015, 21.14 WIB Last Updated 2015-11-30T14:14:57Z
LHOKSUKON - Volume sampah yang dihasilkan masyarakat terus bertambah tiap harinya. Kepala Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Aceh Utara, Fakhrurradi SH,MH menyebutkan, rata-rata mencapai 0,4 kilogram sampah yang dihasilkan masyarakat tiap harinya.

Jika total keseluruhannya di tiap-tiap Kecamatan, petugas kebersihan mengangkut sebanyak 120 kubik sampah dari sekitar 400 kubik sampah yang dihasilkan masyarakat diseluru kecamatan. Sampah yang diangkut kemudian dibongkar di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Teupin Keube, Lhoksukon.

“Tiap harinya masyarakat kita hasilkan 0,4 kilogram sampah. Petugas kita mengangkut sampah tiap harinya mencapai 120 kubik dari sekitar 400 kubik sampah, dan kita bongkar kembali di lokasi TPA. Disana juga rutin kita fogging,” ujar Fakhrurradi, Senin (30/11/2015).

Sementara Kabid Kebersihan, Cut Ibrahim mengatakan, untuk mengurangi volume sampah rumah tangga sebanyak 60 persen, pihaknya programkan Bank Sampah dan Pengembangan Komposting Skala Rumah Tangga di sekolahan dan Desa.

“Program semacam itu dilakukan guna menciptakan lingkungan yang bersih sekaligus bertujuan untuk mengubah cara pandang masyarakat terutama ibu rumah tangga terhadap sampah. Biasanya sampah dianggap mendatangkan masalah, namun kini sampah dapat memberi manfaat,” ujar Kabid Kebersihan DPKP Aceh Utara, Cut Ibrahim.

Program pengembangan komposting skala rumah tangga tersebut sudah pernah dilakukan yang berjalan selama tiga pekan di Desa Tanjung Ceungai Tanah Jambo Aye dan Lhoksukon wilayah Tengah.

Sementara program Bank Sampah kata dia, adalah SD Negeri 1 Dewantara dan Krueng Geukuh yang menjadi tempat andalan program tersebut dan juga sudah berjalan selama tiga pekan yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan sosialisasi.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini