-->








Pemerintah Depok Bakal Salat Gerhana Serentak di Setiap Masjid

08 Maret, 2016, 09.15 WIB Last Updated 2016-03-08T02:15:40Z
IST
DEPOK - Pemerintah Kota Depok akan mengadakan salat gerhana di Masjid Agung Baitul Kamal, Rabu 9 Maret 2016. Pagi besok pagi, gerhana matahari total akan melintas di 12 provinsi di Indonesia. Salat gerhana juga bakal dilakukan serentak di setiap masjid di 11 kecamatan di Depok.

Kepala Dewan Kemakmuran Masjid Kota Depok Eka Baktiar mengatakan Pemkot Depok akan mengadakan salat gerhana matahari total sekitar pukul 05.30 sampai dengan selesai. Salat gerhana matahari bakal di pimpin oleh Kiai Deden Abdulrahim dan khatibnya Kiai Abdul Ghani Jamal. "Perkiraan dimulai solat pukul setengah tujuh pagi," kata Eka, Selasa 8 Maret 2016.

Eka yang menjabat sebagai Kepala Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Sekretariat Daerah mengatakan seluruh pejabat pemkot dari tingkat kelurahan, kecamatan sampai dinas yang ada di Depok, diminta untuk mengikuti salat gerhana. Diperkirakan jamaah yang bakal mengikuti salat gerhana matahari ini lebih dari 1.500 orang.

Selain pegawai pemda, salat gerhana berjamaah di masjid Pemkot Depok juga akan diikuti oleh masyarakat. Hampir setiap masjid di 11 kecamatan juga banyak yang akan mengadakan salat gerhana. "Bahkan, hampir semua masjid di Depok, akan mengadakan salat gerhana. Sebab, kami juga menghimbau untuk mengadakan salat gerhana," ujarnya.

Ia mengatakan sebelum dilakukan salat gerhana, khatib akan menjelaskan proses terjadinya gerhana seperti yang tertuang di dalam Al Quran. Proses terjadinya gerhana merupakan pristiwa alam yang jarang terjadi. "Salat gerhana ini juga bertujuan mendekatkan diri kepada Allah, yang begitu besar kekuasaannya," ujarnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini