-->








Pengungsi Etnis Rohingya Segera Tempati Selter di Timbang Langsa

03 Maret, 2016, 15.50 WIB Last Updated 2016-03-03T10:24:14Z
LANGSA - Ratusan pengungsi warga Rohingya akan segera dipindahkan ke selter di   Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro yang saat ini selter tersebut sudah hampir rampung dan hanya tinggal finishing 90 untuk layak huni.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang anggota Satgas penanganan pengungsi Rohingya Kota Langsa, Doly Hutajulu kepada lintasatjeh.com, saat rapat persiapan pemindahan pengungsi Rohingya dari Kamp Kuala Langsa ke Kamp Timbang Langsa, di Aula Sekretariat Pemko Langsa, Kamis (3/3/2016).

"Para pengungsi yang selama ini tinggal di Camp Kuala Langsa sudah bisa dipindahkan ke Camp Timbang Langsa. Jikapun ada beberapa kekurangan fasilitas, Insya Allah dalam beberapa minggu ini sudah selesai," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wasatgas Penanganan Pengungsi Rohingya Kota Langsa, Suriyatno, AP. M.SP, menegaskan pemindahan pengungsi Rohingya dari Camp Kuala Langsa ke Camp Timbang Langsa tidak bisa ditawar-tawar lagi. Selambat-lambatnya pada tanggal 19 Maret 2016 sudah direlokasi.

Sedangkan, sosialisasi kepada masyarakat Kuala Langsa dan masyarakat Timbang Langsa sudah bisa dilaksanakan. Untuk mekanisme pemindahan akan diatur oleh Satpol PP dan WH serta dibantu dengan pihak-pihak terkait.

Lanjutnya, kebutuhan sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti listrik, sudah tidak ada masalah. Persoalan air bersih maka tangki air yang ada di Kuala langsa harus segera dipindahkan ke Camp Timbang Langsa dan air seperti biasa disediakan.

"Untuk mekanisme pengamanan seperti biasa sambil menunggu jika ada mekanisme yang baru. Anggota pengamanan seperti biasa yang ada di Kuala Langsa, hanya saja dipindahkan ke Camp Timbang Langsa," ujarnya.

Rapat tersebut dihadiri Wasatgas Penanganan Pengungsi Rohingya Suriyatno, AP. M.SP, Sekretaris Satgas Khairul Ihsian, perwakilan Imigrasi Langsa, UNHCR, Yayasan Geutanyoe, Wakapolsek Langsa Barat, Iptu. M. Nakhrowi serta sejumlah perwakilan lembaga LSM.[NS]
Komentar

Tampilkan

Terkini