-->








Di Aceh Besar Puluhan Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Nasional

06 April, 2016, 22.33 WIB Last Updated 2016-04-06T15:33:51Z
ACEH BESAR - Kawanan sapi yang berkeliaran di sepanjang jalur lintas Banda Aceh-Medan di titik kawasan Desa Bukloh dan Blang Jaroe Kabupaten Aceh Besar, tidak hanya merusak pemandangan, tapi juga membahayakan keselamatan para pengguna jalan.

Kawanan sapi yang kerap menyeberang atau memotong jalan secara serampangan ini tidak hanya dapat mengganggu ketertiban umum, tetapi juga mengancam keselamatan para pengendara.

Pengendara kerap mengalami kecelakaan di jalan Nasional ini lantaran mengerem secara mendadak gara-gara kawanan sapi tiba-tiba memotong jalan raya.

Muktar, misalnya, salah seorang pengemudi kenderaan yang menuju ke Jantho, Aceh Besar, mengeluh lantaran sudah beberapa kali harus banting setir hingga nyaris masuk selokan lantaran menghindari sapi yang kerap memotong secara mendadak.

Tak hanya itu, kawanan sapi yang menguasai jalan raya Nasional cukup mengganggu ketertiban umum sehingga memacetkan arus lalu lintas.

Iskandar, pengendara motor ini juga pernah menjadi korban kawanan sapi. Motor miliknya terpaksa terjun bebas ke tengah sawah lantaran menghindari kawanan sapi yang tiba-tiba memotong jalan di depannya.

"Saya menghindari tabrakan sapi akhirnya saya banting setir dan jadinya saya terjun bebas ke sawah. Semua pakaian saya, termasuk laptop dan kamera, penuh lumpur sawah," keluh Iskandar.

Meski membahayakan pengguna jalan, kawanan sapi ini masih dibiarkan pemiliknya berkeliaran di jalan raya, terutama setelah panen raya. Pemerintah Provinsi dan pemerintah daerah tidak pernah mengumumkan agar para pemilik sapi tidak membiarkan ternak mereka berkeliaran di jalan raya dan buktinya, sapi dan kambing tetap saja berkeliaran di sejumlah ruas jalan Nasional.

Hingga berita ini dituliskan di media Online dan media cetak, pemerintah belum pernah menjatuhkan sanksi apa pun kepada para peternak yang terbukti membiarkan ternak mereka berkeliaran dan membahayakan pengguna jalan. [Dw]
Komentar

Tampilkan

Terkini