-->

Anggota Kodim 0104 Aceh Timur Bersihkan ‎22 Desa

26 Juli, 2016, 17.44 WIB Last Updated 2016-07-26T10:44:50Z
LANGSA - Memasuki hari ke-7 Operasi Teritorial (Opster) anggota Kodim 0104/ATIM dibantu masyarakat telah berhasil membersihkan parit kanan-kiri jalan sepanjang 6.770 meter di 22 desa dari 5 kecamatan, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (26/7/2016).

Lima kecamatan tersebut yakni Kecamatan Peudawa, Julok, Banda Alam, Peureulak Barat dan Kecamatan Pante Bidari. Dari setiap kecamatan terdiri dari beberapa desa yang menjadi target operasi teritorial. Secara keseluruhan terdapat 48 jalan desa yang akan dibersihkan.

Kegiatan Opster ini merupakan bukti kemanunggalan TNI-Rakyat dalam mewujudkan Bangsa Indonesia yang berdaulat dan berdikari, serta melestarikan budaya gotong-royong dan saling bahu-membahu yang menjadi ciri khas bangsa ini.

Adapun pembersihan jalan desa yang telah rampung dikerjakan yakni Kecamatan Peudawa antara lain jalan Desa Paya Bili Dua, jalan Desa Seuneubok Teungoh dan jalan Desa Paya Dua. Di Kecamatan Julok meliputi, jalan Desa Ulee Blang, jalan Desa Ujong Tunong, jalan Desa Teumpok Tengoh, jalan Desa Lhok Sentang dan jalan Desa Keude Kuta.

Kemudian di Kecamatan Banda Alam antara lain, jalan Desa Panton Rayeuk, Desa Blang Rambong, Desa Jalan Dua, Desa Jambo Reuhat dan Desa Ulee Jalan. Sedangkan di Kecamatan Peureulak Barat yaitu, jalan Desa Alue Bu Tuha, Desa Alue Bu Jalan, Desa Moon Gedong, Desa Paya Seungat dan Desa Teumpeum. Yang terakhir di kecamatan Pante Bidari yang dibersihkan jalan Desa Paya Demam, Desa Matang Perlak, Desa Meunasah Teungoh dan Desa Pante Panah.

Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf. Amril Haris Isya Siregar, S.E, menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan jalan desa tersebut bertujuan agar terciptanya kenyamanan dan kelancaran masyarakat desa dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Jalan yang bersih tentunya akan berdampak positif bagi pengguna jalan. Disamping menambah keindahan desa, kebersihan tentunya akan berpengaruh baik bagi kesehatan masyarakat. Saluran air pun jadi lancar, dan apabila musim hujan pastinya akan mengurangi resiko kebanjiran, sebut Dandim.

"Pembersihan parit kiri-kanan jalan ini akan terus dilaksanakan setiap harinya hingga jalan ke-48 Desa di 5 Kecamatan yang berada di Kabupaten Aceh Timur, benar-benar bersih sesuai target yang telah direncanakan," ungkapnya.

Menurut Dandim, untuk membersihkan desa-desa tersebut pihaknya mengerahkan setiap harinya sebanyak 520 orang, terdiri dari 420 Personil Kodim 0104/Atim dan 100 masyarakat tersebar di desa-desa yang menjadi target Opster.

"Dengan saling bersinerginya TNI dan rakyat, kegiatan Opster ini tentunya akan membawa dampak positif dalam kehidupan masyarakat yang tentram dan sejahtera," tutup Dandim.[Red/AS]
Komentar

Tampilkan

Terkini