-->

Istri Santoso Dicokok Satgas Tinombala

23 Juli, 2016, 14.13 WIB Last Updated 2016-07-23T07:13:41Z
POSO - Jumiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima, istri kedua Santoso, pimpinan Mujahidin Indonesia Timur asal Bima, akhirnya tertangkap hari ini, Sabtu 23 Juli 2016.

Atun dicokok di wilayah Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, oleh Satgas Tinombala. Tim ini membawa wanita itu ke Kotis Sektor 1, Poso Pesisir Utara.

“Ditangkap pagi sekitar pukul 08.00 WITA, istri Santoso itu tertangkap,” kata seorang anggota Satuan Tugas Tinombala di Poso saat dihubungi Tempo, Sabtu 23 Juli 2016.

Sebelumnya, Atun diduga lolos dari penyergapan Tim Gabungan Polri dan TNI dalam Operasi Tinombala II pada 18 Juli 2016 di wilayah hutan Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, yang menewaskan Santoso alias Abu Wardah dan anak buahnya, Mukhtar. Dalam baku tembak pada sore itu, satu pria dan dua wanita berhasil kabur. Mereka antara lain Basri dan Jumiatun Muslim.

Penangkapan Atun alias Umi Delima tadi bermula dari patroli Satgas Tinombala. Sekitar pukul 08.00 WITA, pasukan mencurigai sebuah gubuk. Penyergapan pun dilakukan. Tanpa kesulitan Satgas Tinombala merangsek dan menemukan Umi Delima di situ. Dia ditangkap tanpa perlawanan.

Dengan tertangkapnya Umi Delima, Satgas Tinombala memburu 18 orang lagi anggota kelompok Santoso. Sudah sepuluh anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur di bawah Santoso ditangkap dalam keadaan hidup. Sedangkan 16 lainnya, tewas akibat peluru aparat.[Tempo]
Komentar

Tampilkan

Terkini