-->








Calon Jamaah Haji Aceh Besar Sebanyak 320 Orang

29 Juli, 2016, 15.21 WIB Last Updated 2016-07-29T08:23:27Z
ACEH BESAR - Tahun ini, sebanyak 320 calon jamaah haji (CJH) Aceh Besar akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar. Para tamu Allah SWT tersebut masing-masing tergabung dalam Kloter I, Kloter VII, dan Kloter VIII Embarkasi  Banda Aceh.

Suasana isak tangis mewarnai pelepasan sekaligus peusijuek (tepung tawar) calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Aceh Besar di Masjid Agung al-Munawwarah Kota Jantho, Kamis  (28//7/2016). Suasana semakin haru ketika dilantunkan talbiyah.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, S.Sos, Sekdakab Aceh Besar Drs. H. Jailani Ahmad, MM, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Besar Drs. H. Salahuddin, MPd, para kepala SKPK, PNS jajaran Pemkab Aceh Besar dan Kementerian Agama Aceh Besar, para ulama, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H. Salahuddin, MPd menjelaskan, jumlah JCH Aceh Besar yang berangkat tahun 1437 H adalah 320 jamaah (120 laki-laki dan 200 perempuan). Sebelumnya, para JCH sudah dibekali manasik haji sebagai bekal ilmu dan pengetahuan tentang seluk-beluk pelaksanaan ibadah haji.

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, S.Sos, mengharapkan agar setiap JCH mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kelancaran dan kemabruran pelaksanaan rukun Islam kelima tersebut. Selama berada di Tanah Suci, diharapkan dapat berdoa secara khusyu’, tekun, serta senantiasa berdoa untuk kebaikan di dunia dan di akhirat. "Dalam menunaikan ibadah haji, fokuskan ibadah agar bisa mencapai haji yang mabrur," harap Bupati Aceh Besar.
Mukhlis Basyah mengemukakan, setiap JCH hendaknya menjadi sosok pelopor kebaikan dalam setiap aktivitas kesehariannya. Mereka hendaklah menjadi figur teladan, sehingga dapat selalu menjadi panutan dalam masyarakat. Ditambahkan, melaksanakan ibadah haji merupakan panggilan suci dari Allah SWT. Oleh karenanya, manfaatkan setiap kesempatan selama berada di Mekkah dan Madinah untuk melipatgandakan amal shalih, sosial, serta selalu mengharapkan bantuan Allah SWT untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji tersebut.

Ceramah agama dalam kesempatan itu disampaikan oleh H. Gamal Achyar, Lc, MA. Penceramah menjelaskan berbagai keistimewaan dan keagungan dalam pelaksanaan ibadah haji. "Utamakan ibadah dan perbanyak doa di tempat-tempat yang mustajabah, baik di Mekkah, Madinah, maupun Arafah. Kami semua ikut mendoakan semoga setiap JCH dapat melaksanakan rukun Islam kelima tersebut secara baik dan sempurna sesuai tuntunan Allah SWT dan Rasul-Nya," ungkapnya.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini