-->


Keren! Polres Aceh Selatan Rutin Patroli Bersepeda

16 September, 2016, 12.11 WIB Last Updated 2016-09-16T05:12:25Z

ACEH SELATAN - Normatifnya, patroli lazim dilakukan petugas kepolisian dengan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil. Namun akhir-akhir ini setiap Polres di Indonesia marak dan giat melakukan patroli bersepeda yang rutin dilakukan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Patroli dialogis dengan bersepeda, dimaksudkan agar pelayanan polisi yang humanis dan sahabat masyarakat benar-benar nyata. Aparat kepolisian juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sehingga menghilangkan kesan seram serta bisa menampung keluh kesah masyarakat guna memperteguh semboyan Polisi pengayom masyarakat.

Seperti halnya, Polres Aceh Selatan yang secara rutin melakukan patroli bersepeda di wilayah Kota Tapaktuan. Patroli dilakukan dengan sepeda yang terdiri dari tiga tim, dan satu tim berjumlah lima orang personel.

Hal tersebut dikatakan Kasat Sabhara AKP Mirza Arianto melalui Dan Unit Patroli Sepeda Polres Aceh Selatan Bripka Zulfikar kepada LintasAtjeh.com, Jum’at (16/9/2016), di sela-sela kegiatan patroli di seputaran Jalan Merdeka Tapaktuan.

Dikatakannya, patroli sepeda itu bertujuan meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, sebagai pencegahan timbulnya gangguan Kamtibmas maupun aksi kriminalitas.

“Patroli sepeda sudah  berlangsung selama satu bulan. Ada tiga tim yakni Tim A, B dan C dengan masing-masing tim berjumlah lima personel. Patroli rutin dilaksanakan satu hari tiga kali dengan jam-jam yang berbeda. Tujuannya untuk semakin mendekatkan personel kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Bripka Zulfikar.
Selain itu, tujuan dari patroli dialogis itu ialah lebih mengoptimalkan pengamanan dan berdialog langsung dengan masyarakat, guna menyerap pengaduan warga.

“Alhamdulillah, situasi keamanan khususnya di Kota Tapaktuan relatif kondusif. Tim Patroli Sepeda Polres Aceh Selatan hadir untuk tetap menjaga situasi aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Pantauan LintasAtjeh.com, Tim Patroli Sepeda Polres Aceh Selatan serius berpatroli namun tidak lupa menyapa masyarakat di sepanjang jalan. Dan sesekali, Tim Pimpinan Bripka Zulfikar terlihat berhenti untuk berbincang-bincang dengan masyarakat dalam suasana penuh keakraban.[Ar/Delfi]
Komentar

Tampilkan

Terkini