-->

Puluhan Pemuda Dilatih Kerajinan Rotan di Aceh Jaya

09 September, 2016, 11.57 WIB Last Updated 2016-09-09T05:01:39Z

BANDA ACEH – Sebagai upaya untuk mengurangi angka kemiskinan di Aceh, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terus mengadakan serangkaian pelatihan bagi pemuda agar bisa terus mandiri dengan berbagai keterampilan. 

Salah satu cara tersebut, kali ini KNPI Aceh Jaya bekerja sama dengan Koperasi Transportasi Aceh (Koptrans Jaya) dan KNPI Aceh membuat Pelatihan Kerajinan Rotan dalam rangka membangun lapangan kerja baru bagi masyarakat di Aceh Jaya. Pembukaan pelatihan itu berlangsung  di Sentral Industri Kerajinan Rotan Aceh Jaya, Gampong Mon Mata, Kecamatan Krueng, Selasa (6/9/2016) lalu.

Ketua DPD I KNPI Aceh, H. Jamaluddin, ST, dalam sambutannya mengatakan pentingnya pelatihan ini bagi pemuda agar ke depan bisa terampil sehingga bisa membuka usaha kerajinan pemanfaatan rotan. Ia mengajak peserta yang dari kalangan pemuda untuk mengikuti pelatihan sampai selesai agar memperoleh pengetahuan yang maksimal.


“Saat ini KNPI akan berusaha mencetak orang kaya baru, dengan cara melatih mereka dengan skill yang ada. Alhamdulillah, saat ini kita telah mengirim peserta dari setiap kecamatan untuk mengikuti pelatihan service handphone, dan sudah masuk gelombang kelima,” tutur Jamal sambil menyebutkan beberapa waktu lalu, telah diadakan pelatihan operator alat berat angkatan IV di Banda Aceh. 

Sementara itu, Ketua DPD II KNPI Aceh Jaya, Maimun, mengatakan pelatihan kerajinan rotan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari sembilan kecamatan di Aceh Jaya. Pelatihan Kerajinan Rotan di Aceh Jaya yang dibuka oleh Kepala Disperindagkop Pemkab Aceh Jaya, Marzuki, berharap agar peserta dapat memanfaatkan momen pelatihan tersebut untuk menambah skil bagi diri sendiri nantinya.

Pelatihan akan berlangsung selama 5 hari sampai dengan 10 September 2016 nantinya akan diajarkan tata cara pengolahan rotan seperti membuat kursi, meja, keranjang, dan peralatan kebutuhan rumah tangga lainnya dari bahan baku rotan.


Turut hadir pada pembukaan,  jajaran pengurus KNPI Aceh, perwakilan Dandim 0114 Kabupaten Aceh Jaya, perwakilan Kapolres kabupaten Aceh Jaya dan Anggota DPRK Aceh Jaya.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini