-->

Kodim 0116/Nara Siap Menjadi Pemersatu Kebhinnekaan Indonesia

11 November, 2016, 21.26 WIB Last Updated 2016-11-11T14:27:24Z
NAGAN RAYA - Kodim 0116/Nara menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat mengenai penjabaran arahan Panglima TNI pada program ILC (Indonesia Lawyer Club) di salah satu TV Swasta Nasional beberapa saat lalu, bertempat di aula Makodim setempat, Jumat (11/11/2016).

Sosialisasi ini dihadiri oleh komponen masyarakat yakni, unsur aparat pemerintahan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota Kodim dan Tim Sukses dari masing-masing Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Nagan Raya.  

Kegiatan iini dilaksanakan sebagai wahana memperkuat jalinan silahturrahmi dengan komponen masyarakat sekaligus bertujuan untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada seluruh komponen bangsa termasuk aparat pemerintah sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.

Dalam sambutannya, Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Mochamad Wahyudi, S.IP, M.Tr (Han), mengatakan bahwa ancaman sebuah negara saat ini sudah sangat kompleks, invasi atau perang tradisional sudah sangat tidak mungkin lagi dilakukan oleh suatu negara terhadap negara lain. Yang dilakukan saat ini adalah penguasaan suatu negara melalui sendi-sendi kehidupan baik idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan.

“Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, bangsa yang kaya akan sumber daya yang tidak dimiliki oleh setiap negara lain. Hal tersebut menjadikan Indonesia menjadi salah satu target penguasaan kekuatan asing. Oleh karena itu, kita semua wajib mempersiapkan diri menghadapi ancaman tersebut,” kata Dandim 0116/Nara Letkol Kav Mochamad Wahyudi.

"Kita harus mampu menjadikan keanekaragaman Indonesia menjadi sebuah kekuatan untuk menghadapi ancaman tersebut. TNI dalam hal ini seluruh jajaran Kodim 0116/Nagan Raya senantiasa siap menjadi pemersatu dan pengawal kebhinekaan/kemajemukan Indonesia," tegas Dandim.

Selanjutnya, Kasdim 0116/Nagan Raya memaparkan arahan Panglima TNI kepada para peserta sosialisasi dan memberi kesempatan kepada para peserta untuk tanya jawab.

Terlihat para peserta begitu antusias, terbukti adanya pertanyaan dari peserta. Salah satunya tokoh KPA Kabupaten Nara, Ali Hasyimi dan Timses Paslon Cabup-cawabup Kabupaten Nara, Abu Diah. Yang menyatakan bahwa mereka setuju dan mendukung kegiatan ini, bahkan ada usulan kegiatan ini agar dapat disosialisasikan di wilayah mereka masing-masing.

"Kami sangat setuju dan mendukung sepenuhnya kaitan peran TNI sebagai perekat kemajemukan demi terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI," demikian ujarnya.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini