-->

Pemerintah Aceh Lepas 30 Peserta Diklat PIM III Tahun 2016

21 November, 2016, 20.21 WIB Last Updated 2016-11-21T13:22:06Z
BANDA ACEH - Sebanyak 30 pejabat struktural eselon III di lingkungan Pemerintah Aceh kembali dilepas oleh BKPP Aceh untuk kembali ke instansi masing-masing setelah selama 4 bulan mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2016 di BKPP Aceh sejak 2 Agustus 2016 lalu.

Diklat yang dibuka Sekda Aceh pada 2 Agustus 2016 lalu, ditutup oleh Asisten III Setda Aceh  Syahrul, SE, MSi, di Aula BKPP Aceh, Senin pagi (21/11/2016).

Ketua panitia penyelenggara Diklat yang juga merupakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Aceh, Drs. Zulkifli Ahmad, MM, dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa diklat kepemimpinan tingkat III ini bukan saja merupakan syarat dan kewajiban untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menduduki jabatan eselon III.

“Tetapi juga merupakan perwujudan upaya kita bersama dalam rangka mengembangkan kompetensi kepemimpinan para pejabat eselon III sesuai dengan tuntutan standar kompetensi yang diharapkan," ujarnya.

Dalam penyelenggaraan Diklat PIM Tingkat III, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan yang terkait dengan arah kebijakan sektoral, wilayah, dan isu strategis nasional, dan selanjutnya memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan. Kemampuan memimpin perubahan inilah yang kemudian menjadi tolok ukur dalam menentukan keberhasilan peserta.

"Penyelenggaraan Diklat PIM Tingkat III ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam memiliki perubahan yang mempunyai kemampuan kepemimpinan adaptif dan daya inovatif yang tinggi," tegasnya.

Hasil lulusan Diklat Pim III kali ini sebanyak 30 peserta ditetapkan dengan 4 katagori yaitu sangat memuaskan sebanyak 5 peserta, memuaskan 19 peserta, cukup memuaskan 4 peserta dan kurang memuaskan 2 peserta.

Sementara itu Asisten III Syahrul, SE, Msi, menekankan kepada para lulusan PIM III ini agar mempersiapkan diri dengan baik, jadilah aparatur yang cerdas, cekatan, jujur, disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi serta menjadi pelopor pemimpin yang anti korupsi.

“Selamat bagi saudara-saudara semua yang telah mengukuti Diklat Kepemimpinan tingkat III Tahun 2016,” ucapnya.

Salah seorang peserta Diklat PIM III Muhammmad Iswanto, SSTP, MM, mengatakan bahwa diklat kepemimpinan ini sangat bermanfaat karena peserta tidak hanya dituntut pembelajaran klasikal sebanyak 603jp tapi juga dituntut kemampuan non klasikal sebanyak 254jp.

“Termasuk tentang seorang pemimpin untuk menggerakkan tim kerja dalam mencapai tujuan akhir dari organisasinya dan semua ini diajarkan oleh para pejabat Fungsional/Widyaiswara BKPP Aceh ke dalam tahapan pembelajaran On dan Off  kampus," kenangnya.[DW]
Komentar

Tampilkan

Terkini