-->

Peringati Hari Armada ke 71, TNI AL Lanal Simeulue Gelar Joy Sailing

19 November, 2016, 23.04 WIB Last Updated 2016-11-19T16:04:47Z
SIMEULUE - TNI Angkatan Laut Lanal Simeulue, melaksanakan kegiatan Joy Sailing (Berlayar dengan gembira) dengan  siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA se- Kabupaten Simeulue di KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) Teluk Sibolga-536, dalam rangka memperingati Hari Armada RI ke 71,  Sabtu (19/11/2016).

Kegiatan 'Joy Sailing' itu, turut serta dihadiri Komandan Lanal Simeulue, Letkol Laut (T) Agus Purwanto, SH, Kasdim 0115/SML Mayor Inf Irwan, S.Pd, Komandan KRI Mayor Laut (P) Mandri Kartono beserta Perwira KRI dan Prajurit Lanal Simeulue.

Komandan Lanal Simeulue, Letkol Laut (T) Agus Purwanto, S.H, melalui Dan Unit Intel Lanal Simeulue Letda Laut (E) Prabowo, SH, mengatakan dalam kegiatan tersebut turut serta diikuti sekitar 293 orang perwakilan pelajar yang terdiri dari tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Simeulue, 24 siswa Saka Bahari, 15 orang dari Paskibra Kabupaten Simeulue, dan 11 orang guru  pendamping.

Menurut Prabowo, sebelum para pelajar naik ke dalam kapal KRI teluk Sibolga-536, pada pukul 07.30 WIB, terlebih dahulu dilakukan persiapan seluruh personil yang terlibat dan dilanjutkan dengan absensi siswa yang turut serta hadir mewakili sekolah.

Setelah itu, lanjut dia, dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Komandan Lanal Simeulue, Letkol Laut (T) Agus Purwanto, S.H. "Ya, tadi Bapak Purwanto, ikut menyampaikan beberapa pesan kepada para pelajar sebelum mereka  naik ke kapal KRI Teluk Sibolga -536.," ujarnya.

Adapun arahan yang disampaikannya, sebut Prabowo, para pelajar diharapkan untuk dapat naik ke KRI dengan tertib dan teratur. Dilarang untuk bercanda berlebihan yang dapat mengakibatkan cidera atau hal-hal yang tidak diinginkan, dilarang membuang sampah bukan pada tempatnya,  tidak diperkenankan untuk terlalu dekat dengan relling/pagar.

Disamping itu, katanya, para pelajar akan dikenalkan dengan peralatan yang ada di kapal. Mereka juga diminta senantiasa menjaga sikap dan sopan santun dan mereka juga nantinya dapat berminat menjadi anggota TNI AL.

Masih kata Prabowo, Komandan Lanal Simeulue juga mengharapkan kepada para pelajar untuk dapat menumbuhkan jiwa dan semangat kebaharian. Kepada para pelajar juga diminta untuk belajar tepat waktu serta tetap meningkatkan kedisiplinan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu 'Nenek Moyangku Orang Pelaut' dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Komandan Lanal Simeulue. "Usai pembacaan doa, adik-adik  pelajar terlihat sangat antusias ikut  naik ke KRI Teluk Sibolga-536," imbuh Prabowo.

Dijelaskannya, usai pelajar turut serta diberikan pengenalan KRI Teluk Sibolga-536 tentang sejarah KRI Teluk Sibolga yang meliputi, penjelasan tentang peralatan tempur yang dimiliki, sarana olahraga dan rekreasi yang ada di KRI, serta Kuis untuk mendapatkan bonus pengenalan bernavigasi di anjungan KRI.

Selanjutnya, para pelajar juga diberikan pengetahuan tentang kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Simeulue, yang meliputi penjelasan tentang HIV dan pencegahannya, penjelasan tentang narkoba, jenis-jenis narkotika, psikotropika dan zat akdiktif lainnya. Efek samping dan sisi negatif dari narkoba diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Bukan hanya itu, nanti akan diperkenalkan sistem dan sarana navigasi di anjungan KRI TSG-536 kepada siswa-siswi yang dapat menjawab kuis secara bergantian.

“Selama pelaksanaan Joy Sailing ini, akan dilakukan pemutaran tentang sejarah, peran dan penugasan TNI AL kepada seluruh siswa-siswi para  pendamping dan peserta Joy Sailing," ungkap Prabowo.
KRI Teluk Sibolga-536 baru bersandar di Dermaga Pelabuhan Kargo Sinabang sekitar Pukul 11.50 WIB.  Dan hingga pelaksanaan Joy Sailing tersebut usai, para pelajar, pendamping dan peserta Joy Sailing selanjutnya meninggalkan KRI Teluk Sibolga dengan tertib dan aman.[AS/JML]
Komentar

Tampilkan

Terkini