-->

Studi: Melahirkan Bikin Sel-sel di Tubuh Ibu Menua Lebih Cepat

07 November, 2016, 09.47 WIB Last Updated 2016-11-07T11:09:51Z
IST
JAKARTA - Dampak umum yang paling terasa ketika seorang ibu mengandung dan melahirkan adalah bobot tubuhnya bertambah. Tapi selain itu studi melihat bahkan pada tingkat sel ada dampak 'berbekas' dari kehamilan.

Dengan menganalisa data dari sekitar 1.500 wanita berusia 20-44 tahun, peneliti menemukan mereka yang pernah melahirkan lapisan pelindung genetiknya bisa lebih pendek dibanding yang tak pernah melahirkan.

Lapisan yang disebut telomer tersebut dideskripsikan seperti pelindung plastik pada ujung tali sepatu yang melindungi agar tak cepat rusak. Pada sel ia berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan akibat radikal bebas dan secara alami akan semakin pendek seiring bertambahnya usia.

Namun demikian tingkat berkurangnya panjang telomer berbeda-beda untuk tiap individu. Oleh karena itu ada istilah umur seseorang mungkin saja bisa berbeda dari umur biologis sebenarnya bila dilihat dari sisa panjang telomer sel-sel tubuh.

Nah pada ibu yang pernah melahirkan setiap satu anak lahir telomernya bisa lebih pendek sekitar 4 persen dibandingkan wanita yang tak pernah mengandung. Berarti bila ada dua orang wanita berumur sama namun satu pernah melahirkan dan lainnya tidak, sel wanita yang pernah melahirkan secara biologis lebih tua.

Menurut peneliti Anna Pollack dari George Mason University, Amerika Serikat, hal ini terjadi bisa karena peningkatan stres yang dialami ketika menjadi seorang ibu.

"Kemungkinan hamil, melahirkan, dan mengurus anak menginduksi stres kronis yang berujung pada telomer lebih pendek lewat jalur inflamasi," kata Anna seperti dikutip dari Live Science, Senin (6/11/2016).[DetikHealth]
Komentar

Tampilkan

Terkini