-->








Tatap Muka dan Silaturahmi Pangdam Iskandar Muda dengan Tokoh Aceh

11 November, 2016, 21.39 WIB Last Updated 2016-11-11T14:39:28Z

BANDA ACEH - Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai kekayaan alam hayati yang cukup besar karena terdapat di wilayah ekuator, dimana sumber daya alamnya berlimpah.

Hal itu dikatakan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman saat melakukan acara tatap muka dan silaturahmi dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan daerah se-Aceh Besar di BTU Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Jum'at (11/11/2016).

"Indonesia sebagai negara equator  yang sangat kaya akan sumber daya alam adalah warning yang patut menjadi kekhawatiran  bangsa Indonesia dimasa yang akan datang,” ujar Pangdam.

Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan situasi dan kondisi Indonesia dan dunia global dari tahun ke tahun, dimana pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi sangat berpengaruh terhadap kehidupan umat manusia.

Kondisi ekonomi dunia saat ini banyak negara-negara asing yang akan menjadi ancaman untuk menguasai atau memperebutkan kekayaan alam seperti di wilayah Afrika, timur tengah dan wilayah di ekuator termasuk Indonesia.

Ada enam perspektif ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia di masa depan yaitu, pertama, menipisnya cadangan minyak dunia, kedua meningkatnya jumlah penduduk dunia, ketiga berkurangnya sumber pangan, air dan energi, keempat masalah  terorisme, kelima meningkatnya penyalahgunaan narkoba dan keenam persaingan ekonomi global yang ketat.

Seperti diketahui bahwa beberapa negara Arab Spring seperti Irak, Libya, Suriah yang saat ini mengalami konflik akibat perang saudara yang dipicu oleh permasalahan dalam negerinya seperti  agama dan terorisme. Permasalahan dalam negeri mereka dijadikan sebagai alasan untuk masuknya negara lain ikut campur urusan dalam negeri terkait kepentingan minyak.

Kekayaan sumber daya alam di Indonesia pernah disampaikan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno bahwa “suatu saat nanti negara lain akan iri dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia”. Dan Presiden RI Ir. Joko Widodo saat baru dilantik menyampaikan hal yang sama bahwa “kaya akan sumber daya alam bisa menjadi petaka”.

Turut hadir Irdam, Asren/Waas, Asintel, Aster, Aslog, Kabintaldam, Dandim 0101/BS, Bupati Aceh Besar, Kadistan Prov Aceh, Kepala Bappeda Aceh, Ketua Forkab Aceh, Plt Walikota Banda Aceh, Prof. Azman Ismail Imam Mesjid Raya, para Tengku serta Abu karismatik, dan para camat se-Aceh Besar.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini