-->








Aikidoka Aceh Gelar Gashuku Kenaikan Tingkat

16 Januari, 2017, 17.57 WIB Last Updated 2017-01-16T10:57:45Z
BANDA ACEH - Aikidoka Aceh melaksanakan kegiatan latihan gabungan atau Gashuku dan ditutup dengan ujian Yudhansa yang berlangsung di lapangan Volley Indoor Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Banda Aceh, Jumat-Sabtu (13-14/01/2017).

Ketua Panitia Yanti Koto menjelaskan praktisi Aikido yang mengikuti Gashuku tersebut berasal berapa Dojo di Aceh seperti Puleh Dojo Lambhuk, Dojo Iskandar Muda dan Keinse Dojo Bireuen. Kegiatan latihan gabungan ini dilaksanakan sebagai ajang silahturahmi dengan Tim Pengurus Pusat Institut Aikido Indonesia (IAI) yang merupakan induk dari Dojo Aikido yang ada di Indonesia.

Selain Gashuku juga dilaksanakan ujian Yudhansa atau atau ujian DAN yang pertama kali di Aceh dengan penguji Sensei Gana Murti sebagai perwakilan resmi dari Aikikai Hombu di Jepang untuk Indonesia.

Pada kesempatan itu, Sensei Gana Murti, Pendiri IAI menyampaikan kegembiraannya dan menyambut positif ujian DAN yang dilaksanakan di Aceh dan akan diikuti oleh daerah lainnya. Selaku Pendiri Institut  Aikido Indonesia melihat penguasaan seni Olahraga Aikido di Aceh sudah bagus.

Hal ini dapat dilihat dari seluruh peserta  semua berhasil dalam ujian Yudhansa. Sensei Gana Murti yang didampingi oleh dua orang pelatih Aikido Paspampres berharap warga Aceh semakin mengenal olahraga ini sebagai seni beladiri yang harmonis dan damai.

Sebagaimana diketahui Aikido merupakan salah satu seni beladiri Jepang yang didirikan oleh Morihei Ushiba dan kemudian dipopulerkan oleh bintang film hollywood Steven Siegel. Seni gerakan Aikido fokus pada keseimbangan dan pertahanan diri dengan teknik menghidar dan meredam serangan.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini