-->








Polres Aceh Singkil Gelar Saweu Keude Kupi

08 Januari, 2017, 01.10 WIB Last Updated 2017-01-08T13:57:16Z
ACEH SINGKIL - Polres Aceh Singkil melalui Polsek Gunung Meriah mengelar kegiatan Saweu Keude Kupi di Cafe Extra FM Desa Rimo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (07/01/2017) sekitar pukul 09.15 -12.15 WIB.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri diantaranya Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Milyardin, SIK, Kasat Lantas AKP Erwin, Camat Gunung Meriah Ali Hasmi Pohan, Kapolsek Gunung Meriah AKP Adriamus, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Unsur Pimpinan Perusahaan Kelapa Sawit, Pimpinan BPD Rimo, BRI KCP Rimo, Pimpinan Bank Mustaqim, Para Kepala Sekolah dan Aparatur Desa se-Kecamatan Gunung Meriah.

Kapolsek Gunung Meriah, AKP Adriamus dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah berkenan berhadir dalam kegiatan tersebut. 

Menurut Kapolsek, Program Saweu Keude Kupi adalah sebuah program unggulan Kapolda Aceh yang bertujuan untuk membangun kemitraan antara pihak Kepolisian dengan masyarakat.

Menurutnya, pada 2016 lalu, Kasus yang sangat menonjol di Kecamatan Gunung Meriah adalah kasus pencurian buah kelapa sawit dan penganiayaan. 

Sementara, berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada 15 Februari 2017 nanti, Kecamatan Gunung Meriah adalah salah satu kecamatan yang menjadi barometer suksesnya penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Aceh Singkil.

Sementara itu, Camat Gunung Meriah, Ali Hasmi Pohan dalam kata sambutannya turut serta memberikan apresiasi Kepada pihak kepolisian yang telah berkenan mengelar program dengan bertajuk Saweu Keude Kupi.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat saling mengenal dan saling meningkatkan silahturahmi antara satu dengan lainnya. Dan dengan adanya kegiatan ini, juga diharapkan dapat  menyampaikan dinamika yang ada di wilayah Aceh Singkil terutama di Kecamatan Gunung Meriah yang berkaitan dengan kamtibmas.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian, SIK, yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kapolres Aceh Singkil turut serta memperkenalkan diri dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polsek Gunung Meriah dan para tamu undangan yang telah berhadir dalam acara tersebut.

Menurut Ian Rizkian, kegiatan yang dilaksanakan itu, tentunya tidak terlepas dari tanggung jawab pihak kepolisian terkait keamanan dan ketertiban di masyarakat. 

Apalagi, agenda besar kedepan ini adalah berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada Bupati/Wakil Bupati dan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Aceh yang akan digelar pada 15 Februari 2017 nanti di Kabupaten Aceh Singkil.

Dijelaskannya, Kecamatan Gunung Meriah merupakan barometer pada Pilkada Aceh Singkil serta sangat kompleks dan bila tidak dikelola dengan baik tentunya situasi kamtibmas bisa terjadi tidak baik.

Apalagi, calon kandidat Bupati/Wakil Bupati Aceh Singkil kebanyakan berasal dari Kecamatan Gunung Meriah dan para calon tersebut masing-masing memiliki banyak masa pendukung.

"Di Pilkada 15 Februari 2017 nanti, pilihan boleh saja berbeda, tetapi masyarakat harus tetap bahu membahu guna menciptakan rasa aman khususnya di Kecamatan Gunung Meriah," harapnya.

Di kesempatan itu, AKBP Ian Rizkian Milyardin menegaskan jika personil Polri tidak diperkenankan untuk terlibat politik praktis. Apabila di kemudian hari ada ditemukan adanya personil Polri di wilayah Aceh Singkil dan Kota Subulussalam yang terlibat, untuk segera melaporkan kepada dirinya.

"Ya, jika ada menemukan personil Polisi yang terlibat, segera laporkan kepada saya. Akan saya tindak," tegasnya. 

Berkaitan dengan yang disampaikan Kapolsek Gunung Meriah tentang  permasalahan pencurian sawit, penganiayaan, tindak pidana pencurian dengan kerugian dibawah 2,5 juta. Kapolres Aceh Singkil menyarankan agar persoalan tersebut diselesaikan di tingkat desa dengan ADR (Alternative Dispute Resolution).

Sedangkan berkaitan dengan curanmor, lanjutnya, sesuai data memang sudah berkurang. Namun berdasarkan kewilayahan Pemko Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil, angka curanmor masih ada.

Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga agar tidak ada terjadinya pencurian dikarenakan pencurian itu terjadi lantaran ada niat dan ada kesempatan. 

"Jangan lupa mengunakan kunci ganda dan bila malam hari, agar kendaraan dapat dimasukan atau diparkirkan di dalam rumah," harapnya.

Amatan LintasAtjeh.com, dalam kegiatan tersebut turut serta dirangkaikan dengan acara sesi tanya jawab antara pihak Kepolisian dengan para tamu undangan.[AS/JML]
Komentar

Tampilkan

Terkini