-->








Tim Irwandi-Nova Aceh Selatan Siapkan Saksi Untuk Kawal TPS

09 Januari, 2017, 19.23 WIB Last Updated 2017-01-09T12:23:27Z
ACEH SELATAN - Saksi adalah ujung tombak pengawalan suara di TPS untuk mengamankan perolehan suara dan mencegah terjadinya kecurangan dari tim kandidat Cagub-Cawagub Aceh lainnya.

Hal tersebut disampaikan Miswar Fuady selaku Sekjen Tim Sekber Irwandi-Nova Provinsi Aceh kepada LintasAtjeh.com disela-sela memberikan materi sosialisasi dan pelatihan Supervisor Tim Pemenangan Irwandi-Nova Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Aceh Selatan, Senin (09/01/2017).

Dijelaskannya, acara diikuti 48 orang mewakili 28 kecamatan dan digelar di Kantor Media Center Tim Pemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah Jalan Merdeka Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. 

Adapun materi sosialisasi dan pelatihan Supervisor yang disampaikan yaitu meliputi materi pemungutan suara terdiri dari tugas dan kewajiban saksi serta peran dan tugas supervisor setelah menerima pelatihan.

Kemudian materi perhitungan suara terdiri dari cara pengisian formulir C1 dan pemeriksaan hasil penghitungan suara.

"Saksi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya harus paham dan mengerti kegiatannya di TPS. Kemudian saksi Irwandi-Nova harus mencegah aksi kecurangan dari tim saksi kandidat lain. Jangan sampai suara Irwandi-Nova dicuri atau dirusak pihak lain," ujarnya.

Adapun tujuan pelatihan supervisor ini agar  saksi-saksi masing-masing perwakilan kecamatan supaya memahami dan mengerti  tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai saksi dalam mengawal proses pencoblosan serta penghitungan perolehan suara di TPS.

"Kita juga jelaskan tentang sistem pelaporan hasil perhitungan perolehan suara ke posko pemenangan kabupaten," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Media Center Aceh Selatan, Ir. M. Kudus mengatakan agar pelatihan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para perwakilan kecamatan.

"Karena mereka ini nantinya yang memberikan pemahaman dan penjelasan kepada para saksi-saksi di TPS masing-masing," harap M. Kudus.

Kegiatan pelatihan juga dihadiri antara lain Ketua Pemenangan Bidang Pengawalan Suara Provinsi Tarmizi, Anggota Pemenangan Bidang Pengawalan Suara Provinsi Novrizali, Wakil Ketua Media Center Aceh Selatan  H. Muhammad, dan Ketua Tim Pemenangan Kecamatan Tapaktuan Taufik.

Koordinator Lapangan Tim Pemenangan Aceh Selatan Ali Zamzami, para Ketua Tim Pemenangan Kecamatan sebanyak 18 orang dan Tim Pengawasan Suara Kecamatan sebanyak 30 orang.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini