-->

Petani Abdya Kembali Panen Ciding

03 Maret, 2017, 18.28 WIB Last Updated 2017-03-03T11:28:55Z
ABDYA - Para petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kembali menikmati hasil panen setelah dilakukan panen pertama beberapa waktu lalu. Hal ini terjadi sejak dua tahun lalu batang padi yang siap dipotong kembali mengeluarkan bulir padi dan menguning lagi dan bisa dipanen kembali.

"Setelah panen beberapa waktu lalu, batang padi yang telah dipotong itu ternyata keluar lagi buahnya yang kini sudah masa panen lagi," kata salah seorang petani, Tarjuddin warga Desa Baharu Kecamatan Blangpidie kepada LintasAtjeh.com, Jumat (03/03/2017).

Menurutnya, panen ciding yang dilakukannya saat ini atau panen kedua hasilnya memang tidak sama dengan panen pertama. Ini dikarenakan tidak ada perawatan khusus hanya alami seperti saja,namun hasilnya cukup untuk menambah kebutuhan keluarga.
     
"Walaupun hasilnya tidak sama dengan panen pertama, tetapi kami para petani sangat bersyukur. Karena sekali kami tanam, mendapat dua kali panen. Ini merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT," katanya.
     
Namung sambungnya, pasca telah dilakukan musyawarah turun ke sawah tahun ini dan jadwalnya sekarang memasuki waktu pengolahan tanah, maka panen ciding sedikit dikebut menunggu jatah pengolahan tanah yang dilakukan dengan memakai traktor 4WD.


“Ahamdulillah hasil panen cidingnya dapat setengah dari panen pertama. Setahu saya baru dua tahun ini ciding kembali keluar dan bisa dipanen lagi setelah puluhan tahun lalu pernah dilakukan oleh orang tua kita,” pungkas Tarjuddin[ADI S]
Komentar

Tampilkan

Terkini