-->




Bajak Sawah, Satgas TMMD Aceh Selatan Terjunkan Prajurit Khusus

24 April, 2017, 00.00 WIB Last Updated 2017-04-23T17:00:57Z
ACEH SELATAN - Satgas TMMD ke-98 Kodim 0107/Aceh Selatan melakukan pengolahan sawah dengan menggunakan hand traktor. Selain efisien waktu juga membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Karena dengan sistim traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

Tidak tanggung-tangung, Satgas TMMD langsung menerjunkan prajurit berkemampuan khusus, Pratu Bayu untuk melakukan pengolahan lahan di persawahan Desa Air Sialang Tengah, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (22/04/2017).

Dalam hal ini, Kodim 0107/Aceh Selatan melalui program TMMD memperkenalkan kepada petani bagaimana membajak sawah dengan alat modern. Dimulai dari penyemaian bibit kemudian tanam padi metode jarwo menggunakan tehnologi mesin tranplanter sampai pengolahan tanah memakai hand traktor.

Dandim 0107/ Aceh Selatan, Letkol Kav Hary Mulyanto kepada LintasAtjeh.com mengatakan pengolahan tanah menggunakan hand traktor banyak manfaat dan keuntungan bagi petani. Sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

"Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan  lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air," ungkap Dandim.

"Pengolahan lahan sawah menggunakan hand traktor tersebut akan digunakan untuk praktek penanaman padi metode jarwo dengan menggunakan tehnologi mesin transplanter pada hari Rabu tanggal 26 April 2017 mendatang. Kegiatan akan dihadiri oleh masyarakat setempat," demikian terang Dandim Aceh Selatan.[Delfi]
Komentar

Tampilkan

Terkini