-->








Panen Jagung Perdana Koramil 09/Trumon Kodim Aceh Selatan

29 Mei, 2017, 22.22 WIB Last Updated 2017-05-29T15:22:24Z
ACEH SELATAN - Koramil 09/Trumon  melaksanakan panen jagung perdana di lahan seluas 2 hektar yang didampingi BPP Trumon, bertempat di Desa Pulo Paya dan Kuta Baro, Kecamatan Trumon Induk, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (29/05/2017).

Panen perdana jagung Koramil 09/Trumon, yang dipimpin langsung Danramil 09/Trumon Kapten Inf M. Nasir, di lahan pinjaman dari masyarakat seluas 2 (dua) hektar. Sekarang jagung tersebut sudah mencapai umur 4,5 (empat setengah) bulan. 

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Danramil 09/Trumon Kapten Inf M. Nasir, Batuud Koramil 09/Trumon Pelda Bambang, Kepala BPP Trumon Aisar, Mantri Tani Mahdi, staf BPP Trumon dan seluruh  seluruh anggota Koramil 09/Trumon (Babinsa).


Panen dilakukan sesuai dengan jadwal panen yang telah ditetapkan oleh BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Trumon pada saat penanaman bibit jagung pada tanggal 14 Januari 2017 lalu di lokasi tanam jagung milik Koramil 09/Trumon, dengan taksiran panen sekitar akhir bulan Mei 2017.

Memang, aspek paling sulit dari memanen jagung adalah pengaturan waktu. Walau sebenarnya proses memanen cukup mudah. Di dalam proses penanaman bibit jagung hingga panen membutuhkan waktu sekitar 4,5 (empat setengah ) bulan.

Acara panen jagung tersebut merupakan perlombaan pertanian dan pada penanaman jagung untuk wilayah Trumon yang diadakan oleh Kodim 0107/Aceh Selatan untuk seluruh Koramil jajaran dengan tujuan menjadikan contoh kepada petani dan guna membangkitkan semangat serta motivasi petani dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Dandim 0107/Aceh Selatan melalui Danramil 09/Trumon Kapten Inf M. Nasir menyampaikan bahwa tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang mendapat prioritas untuk dikembangkan.

"Jagung ini sudah menjadi konsumsi nasional, kedudukannya disamping dapat digunakan sebagai makanan pokok kedua setelah padi, juga dapat dipergunakan sebagai suplemen makanan ternak dan bahan baku industri," terangnya.

Selain itu, tambah Danramil, panen jagung ini merupakan hasil tanam para Babinsa Koramil 09/Trumon yang dilakukan 4 (empat) bulan yang lalu yaitu tanggal 14 Januari 2017, pemupukan pertama tanggal 03 Februari, pemupukan kedua dilanjutkan penyemprotan hama jagung tanggal 1 Maret dan panen jagung pertama tanggal 29 Mei 2017.

"Tidak ada kendala berarti yang dihadapi selama proses penanaman hingga panen. Ini murni dilakukan oleh anggota Koramil. Panen jagung hari ini adalah yang pertama dan untuk pencapaian hasil panen mendapat 30 karung jagung belum dirontokkan," tutup Danramil.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini