-->








Tutup Pabrik Semen Milik China, 240 Ribu Warga Bolmong Beckingi Bupati Yasti

30 Juli, 2017, 18.59 WIB Last Updated 2017-07-30T11:59:59Z
IST
JAKARTA - Bupati Bolaang Mongondouw (Bolmong) Yasti Supredjo mengaku tidak takut menghadapi kasus yang menimpanya melawan pabrik semen milik Cina PT. Conch North Sulawesi Cement (CNSC). Pasalnya, dia dibecking oleh 240 ribu warga Bolmong.

Dalam keterangan resmi DPP PAN lewat akun resmi di twitter ‏@Official_PAN, Yasti menyebutkan PT CNSC ilegal lantaran tidak memiliki WIUP, IUP, izin eksplorasi serta eksploitasi.

“PT Sulenco yg menyediakan lahan serta perizinan tak mampu menunjukkan surat2 izinan yg diminta” ujar Yasti seperti dalam cuitannya.

“Izin itu meliputi, IUP, izin eksplorasi serta eksploitasi. Apa yg saya minta ini amanat Undang-undang” tulis Yasti lagi.

Padahal sesuai undang-undang, sebelum pabrik itu dibangun, berbagai perizinan tersebut terlebih dulu sudah harus ada. Karena tidak punya izin, maka sebagai kepala daerah, pun tegas menutup dan memagari pabrik tersebut dengan Police line.

“Saya tidak takut dgn backingan perusahaan ini. Backingan saya lebih banyak, yakni 240 ribu warga Bolmong” tegas Yasti.

Walau Humas PT CNSC, Gunawan Mokoagow mengklaim bahwa pihaknya sudah mengajukan izin sejak lama. Namun Yasti tetap pada pendirian, CNSC tidak memiliki izin. PT CNSC tetap ditutup, semua bangunan illegal dibongkar dan tenaga kerja asing pun didesak untuk dipulangkan.

Setelah kasusnya mencuat, dan Bupati Bolmong menjadi tersangka karena tuduhan pengrusakan, Yasti mengaku ikhlas menjalani semua ini.

“Saya ikhlas” itulah kata-kata Yasti seraya meminta agar masyarakat Bolaang Mongondow tetap tenang dan tidak terprovokasi.

“Biarkan proses hukum berjalan sebagaimana mestinya, penetapan tersangka bukan akhir dari segalanya,” ujarnya seperti dalam keterangan resmi DPP PAN.

Seperti diketahui, Polda Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan Bupati Bolmong, kader Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai tersangka dalam kasus perusakan terhadap pabrik semen milik PT CNSC. Informasi yang beredar PT CNSC dibekingi oleh orang kuat di Jakarta.[Swamedium.com]
Komentar

Tampilkan

Terkini